Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.(Youtube Sitinjau Lauik Truk Video)
Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.(Youtube Sitinjau Lauik Truk Video) ( kompas.com)

Mobil Gagal Nanjak, Begini Caranya Untuk Mengatasinya

13 Juni 2022 16:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Sering ditemui kasus mobil gagal nanjak atau tersendat di tanjakan curam. Banyak sekali faktor penyebabnya, tetapi yang dikhawatirkan kalau kendaraan meluncur ke belakang dan menabrak mobil lain. 

Seperti beberapa waktu lalu, dalam sebuah unggahan TikTok @TT Media Channel, menunjukan mobil jenis Honda Jazz dan Daihatsu Xenia kesulitan menanjak di daerah Pacet, Lumajang, Jawa Timur. Bahkan, mobil yang selip pada bagian roda sampai menimbulkan kepulan asap.

Walau kesulitan, pengemudi honda Jazz bisa menaklukan tanjakan tersebut setelah petugas jaga membantu mendorong.

Kemudian, lewat di belakangnnya sebuah Daihatsu Xenia yang juga mengalami hal sama. Bila benar-benar di perhatikan, kesalahan pengemudi mobil Xenia adalah salah mengambil ancang-ancang karena sudut kemiringan curam. 

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, jenis kendaraan berpenggerak roda depan dan belakang punya keunggulan yang berbeda.

  "Gagal nanjak banyak penyebabnya, sistem FWD persiapannya dari bawah wajib memperhitungkan momentum dengan mengoper gigi rendah. Sebab, risiko ban selip dan kehilangan traksi lebih besar ditambah kemiringan sudut tanjakan," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

Berbeda kalau menggunakan mobil dengan sistem penggerak roda RWD, biasanya gagal nanjak faktor utamanya adalah selip pada sistem transmisi dan kopling. 

Menurut Sony, selain skill pengemudi baik mobil transmisi matic atau manual, faktor lain penyebab mobil kesulitan menanjak yakni beban muatan melebihi kapasitas maksimal.

  "Jika benar-benar berhenti total di tanjakan, pertama kurangi jumlah penumpang. Bila langkah tersebut sudah di coba tetapi masih gagal, pastikan kembali ancang-ancang sambil gunakan gigi rendah," ujarnya. 

Sementara itu, kalau melaju dengan cara mundur dari bawah, menurut Sony, tidak direkomendasikan untuk semua pengendara. Karena cara tersebut justru lebih berisiko.

"Jalan mundur butuh skill khusus, enggak semua pengemudi bisa. Karena melihatnya ke-3 point, kaca spion tengah, samping kiri dan kanan," tutur Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Gagal Nanjak, Begini Caranya Mengatasinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/12/173330115/mobil-gagal-nanjak-begini-caranya-mengatasinya.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm