Ilustrasi daging sapi halal dan kosher.
Ilustrasi daging sapi halal dan kosher. ( SHUTTERSTOCK/ALESIA B)

Tips Membersihkan dan Mengolah Daging Merah Segar

16 Juni 2022 08:28 WIB

Bangkasonora.ID - Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, masyarakat Indonesia tengah mempersiapkan hewan ternak yang sehat untuk berkurban. 

Namun, di beberapa daerah muncul wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak. 

Padahal, sebenarnya Indonesia telah dinyatakan bebas penyakit kuku dan mulut sejak 1990 silam, menurut Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE). 

Dikutip dari laman resmi pertanian.go.id, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dikenal sebagai Foot and Mouth Disease adalah penyakit hewan menular yang menyerang ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing. 

Meskipun penyakit PMK ini menular antarhewan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa PMK pada hewan ternak tidak menular ke manusia, dikutip dari Kompas.com (10/5/2022). 

Namun Kementeriaan Pertanian RI juga menyatakan ada bagian tertentu dari daging sapi terkonfirmasi PMK yang sebaiknya tidak dikonsumsi yaitu kaki, organ jeroan dan mulut.

Lalu, bagaimana cara membersihkan dan mengolah daging merah segar yang baru saja dibeli? Yuk, simak tips berikut ini!

Tips Membersihkan Daging Merah

1. Rebus Tanpa Dicuci

Berdasarkan anjuran dari Pemerintah yang dicantumkan melalui laman resmi pertanian.go.id, cara terbaik mengolah dan membersihkan daging merah adalah dengan tidak mencucinya terlebih dahulu. 

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm