Ilustrasi es selendang mayang, dessert khas Betawi
Ilustrasi es selendang mayang, dessert khas Betawi ( SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo)

Segar Manis Dan Mudah Dibuat, Berikut Resep Es Selendang Mayang

19 Juni 2022 06:16 WIB

SonoraBangka.id - Kamu pernah mencicipi segarnya es selendang mayang? Jajanan khas Betawi yang satu ini mudah ditemui di pasaran dan biasanya disantap dengan siraman kuah santan. Es selendang mayang termasuk jajanan tradisional khas Nusantara yang keberadaannya masih eksis hingga saat ini. Warnanya yang cantik dengan cita rasa manis yang khas membuat kuliner ini digemari semua kalangan. Kali ini kamu tidak perlu repot pergi ke pasar untuk membelinya, es selendang mayang bisa kamu buat sendiri di rumah.  Ikuti cara membuat es selendang mayang sesuai buku "Jajanan Kaki Lima Khas Betawi" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep es selendang mayang

Bahan es selendang mayang:

750 ml air bersih

100 gram tepung sagu aren

25 gram tepung beras

2 lembar daun pandan (ikat)

1/2 sendok teh garam

125 gram gula pasir

1/2 sendok teh pewarna makanan merah muda

Bahan kuah santan:

750 ml santan (dari 1 butir kelapa)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm