Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock/Vitalis83)

Mau Tahu Apa Saja Gejala Cacar Monyet dan Cara Pecegahannya?

21 Juni 2022 13:28 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini, satu kasus infeksi cacar monyet dilaporkan terjadi pada seorang remaja di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Namun, kasus ini dipastikan negatif.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Roundonow.

"Informasi dari Kabid P2 Dinkes Provinsi Kalimantan Barat, diagnosis akhir dari dokter Rumah Sakit Soedarso adalah varicella (cacar air)," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (18/06).

Lantas, sebenarnya apa gejala cacar monyet?

Melansir Kompas.com, gejala cacar monyet yakni adanya bintil berisi air agak banyak di bagian tubuh.

Selain itu muncul juga infeksi, nyeri, demam, dan menggigil.

"Kalau dia demam harus diobati. Tapi tidak menyebabkan kematian," terang Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar), Hary Agung Tjahyadi.

Cacar monyet sendiri disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis.

Adapun penularan cacar monyet bisa terjadi jika ada kontak erat dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm