Ilustrasi busi mobil(toyota.astra.co.id)
Ilustrasi busi mobil(toyota.astra.co.id) ( kompas.com)

Memasang Busi Ternyata Ada Tekniknya, Bukan Sekadar Kencang

23 Juni 2022 18:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Busi adalah komponen penting pada kendaraan dengan mesin pembakaran dalam. Peran busi adalah sebagai pemantik agar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin terbakar.

Mengganti busi secara mandiri atau di rumah sebenarnya bisa saja di lakukan. Tetapi, cara untuk mengencangkan busi ketika dipasang ternyata ada tekniknya, bukan sekadar kuat saja.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Octaviano mengatakan, banyak yang beranggapan saat memasang busi, harus diputar sekencang-kencangnya, padahal tidak seperti itu.

"Mengencangkan busi itu dibagi berdasarkan diameter ulirnya. Secara umum, kencangkan busi cukup setengah lingkaran atau 180 derajat saja,” kata Diko kepada Kompas.com belum lama ini.

Jadi ketika memasang busi, pertama putar dulu dengan tangan. Setelah tangan tidak bisa memutar busi lagi, baru menggunakan kunci busi, cukup putar setengah lingkaran sudah kencang.

Selain itu, ada bahaya tersembunyi kalau memasang busi terlalu kencang. Bagian ulir busi bisa putus, lalu pemanasan berlebih gegara panas yang diterima busi tidak bisa langsung dibuang ke bagian water jacket.

"Seperti baut saja, kalau kita over torque, bagian kepala non ulir dengan bagian yang ber-ulir bisa lepas,” kata Diko.

Bila ulir busi sampai patah, maka bagian tersebut akan menancap di dalam mesin. Untuk mengeluarkannya, mesin harus dibongkar sehingga bisa menambah biaya tambahan untuk perbaikannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Memasang Busi Ada Tekniknya, Bukan Sekadar Kencang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/23/100200815/memasang-busi-ada-tekniknya-bukan-sekadar-kencang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm