Dongkrak mobil.(Kompas.com/Fathan Radityasani)
Dongkrak mobil.(Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Jangan Salah, Begini Teknik Menggunakan Dongkrak Mobil yang Benar

24 Juni 2022 20:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing mobil tidak terlepas dari kejadian ban bocor saat di perjalanan. Pada kondisi ini mau tidak mau, pengemudi harus menggunakan dongkrak untuk mengangkat mobil kemudian ganti ban.

Tapi, beberapa pengendara kerap kesulitan menggunakan dongkrak. Baiknya, pada saat menggunakan alat ini usahakan memilih tumpuan yang tepat agar tidak terjadi kerusakan pada mobil akibat dongkrak yang meleset.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan peletakkan titik dongkrak mobil biasanya ada empat, yakni dua titik pertama terletak pada bagian sasis di belakang roda depan. Kemudian, dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang.

“Titik-titik yang sudah ditentukan adalah titik yang kuat dalam mendongkrak mobil. Biasanya ada gambar keterangan pada dongkrak dan buku pedoman pemilik,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kalau titik dongkrak tidak pada posisi yang tepat maka akan mengakibatkan sasis bodi dan bodi mengalami kerusakan.

Hal ini tentu saja membuat pengemudi mengalami kerugian karena perbaikan bodi dan sasis mobil tidak murah. Pemasangan titik dongkrak yang tidak pas juga akan membuat mobil kehilangan keseimbangan dan bisa saja mobil terjatuh.

“Perhatikan juga dalam saat mendongkrak mobil, usahakan di tempat yang keras dan datar. Ban juga diganjal untuk bantu rem tangan agar mobil tidak bergerak,” ucap Didi.

Bila tumpuan datar dan kuat otomatis dongkrak juga tidak akan meleset karena tidak seimbang. Selain untuk mencegah dongkrak meleset bisa dengan menempatkan ban serep di bawah mobil.

Cara tersebut akan bodi tertahan oleh ban serep sehingga tidak jatuh ke tanah atau aspal yang membuat kerusakan komponen mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah, Begini Teknik Pakai Dongkrak Mobil yang Benar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/24/071200615/jangan-salah-begini-teknik-pakai-dongkrak-mobil-yang-benar.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm