Ilustrasi
Ilustrasi ( iStockphoto/Jacob Ammentorp Lund )

Journaling: Tips Kreatif Redam Stres Sesederhana Menulis Buku Harian

27 Juni 2022 14:07 WIB

SonoraBangka.id - Menulis jurnal ( journaling) ternyata dapat memberikan kita ruang khusus untuk memproses kejadian-kejadian yang kita alami dan menuangkan kecemasan yang ada di dalam pikiran.

Journaling atau membuat jurnal mejadi salah satu aktivitas yang belakangan menarik perhatian banyak orang, layaknya diary, kita bisa menulis apa pun, mulai dari isi pikiran, perasaan, emosi, peristiwa yang baru saja dialami, hingga rencana yang akan dilakukan.

Bukan tanpa alasan, secara medis journaling memang terbukti bermanfat untuk menjaga kesehatan mental, mulai dari memperbaiki suasana hati, menurunkan tekanan darah, hingga membantu tidur lebih nyenyak.

Manfaat dari membuat jurnal ini sudah dirasakan oleh Kooswardini Wulandari (33) yang sudah 2 tahun belakangan konsisten melakukan hal tersebut.

“Kalau journaling tanpa metode itu sudah cukup lama, belasan tahun sejak kuliah, tapi yang
intensif dengan metode journaling itu sejak pandemi 2020 karena keadaan sendirian di
Singapura enggak bisa ketemu keluarga karena ada pembatasan dari pemerintah,” ujar perempuan yang biasa disapa Dini ini.

Saat sendiri itulah Dini mulai memproses semua hal yang ia takutkan, di mana satu per satu-satu ia selsaikan dengan dimulai menuliskan hal tersebut dalam jurnalnya.

Ya, journaling ternyata mampu memberikan kita ruang khusus untuk memproses kejadian-kejadian yang kita alami dan menuangkan kecemasan yang ada di dalam pikiran.

Tanpa disadari, menulis jurnal bisa menjadi cara mengidentifikasi alasan kenapa kita merasa cemas. Dini sendiri mulanya tertarik dengan journaling ini setelah membaca sebuah buku yang berjudul The Artist’s Way yang ditulis oleh Julia Cameron.

“Aku memulai dari metode dia, cukup melelahkan karena di dalam bukunya itu dia breakdown jadi 12 minggu setiap pagi. Dan salah satu alat yang digunakannya adalah morning page. Morning page adalah: kita setiap pagi bangun tidur langsung menulis 3 halaman enggak putus selama 12 minggu,” tuturnya.

Setelah merasakan manfaat dari journaling, kini Dini pun aktif membuka kelas sharing session terkait journaling ini. Ia juga aktif menuliskan hal terkait journaling ini dalam akun instagramnya @bersendiri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm