Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Kremlin, Moskwa, Rusia, Kamis (30/6/2022).
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Kremlin, Moskwa, Rusia, Kamis (30/6/2022). ( (AFP/SPUTNIK/MIKHAIL KLIMENTYEV))

Putin Katakan Keluh Kesahnya kepada Jokowi

1 Juli 2022 10:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan keluh kesahnya saat bertemu dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Istana Kremlin, Moskwa, Kamis (30/6/2022). Salah satu masalah yang diutarakan Putin kepada Jokowi yaitu mengenai dampak sanksi Barat terhadap perusahaan-perusahaan Rusia.

Di mana, menurut dia, sanksi tersebut -muncul atas invasi Rusia ke Ukraina- turut berimbas pada ketersediaan bahan pangan dan pupuk di pasar global.

Walaupun sanksi Barat tidak secara resmi dikenakan pada sejumlah barang Rusia, Putin berkata, pembatasan diberlakukan terhadap perusahaan domestik dan memperumit proses bisnis.

Iamengatakan, makanan dan pupuk secara resmi memang tak termasuk di dalam sanksi. Namun, pemilik perusahaan di Rusia yang memproduksi makanan dan pupuk, termasuk anggota keluarga mereka telah dikenakan sanksi.

“Ini mempersulit penandatangan kontrak,” keluh Putin ketika berbicara dengan Jokowi, dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS. Pemimpin Rusia itu juga mengingatkan jika sanksi dikenakan pada asuransi kargo dan mempersulit transaksi keuangan.

"Mereka tidak secara resmi menjatuhkan sanksi pada beberapa produk, tetapi menciptakan kondisi sedemikian rupa sehingga menjadi jauh lebih sulit untuk memasoknya ke pasar luar negeri," ujar Putin.

Dia mengacu pada contoh Belarus, yang merupakan salah satu negara terkemuka dalam produksi makanan dan pupuk, namun sanksi langsung telah dikenakan dan memengaruhi pasokan barang-barang ini.

Putin pun berkata penyebab masalah pangan di pasar global saat ini terkait dengan sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat terhadap pelabuhan Rusia dan kesulitan pengangkutan serta asuransi yang ditimbulkan oleh mereka.

"Masalahnya adalah negara-negara ini memberlakukan sanksi terhadap pelabuhan tertentu kami, menciptakan masalah dengan asuransi kargo, dengan pengiriman, dan semua, yang menghasilkan masalah tertentu untuk pasar makanan dan pupuk,"ujar dia.

Putin memberi tahu masalah pangan di pasar global saat ini sedang dibahas juga oleh Rusia dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). “Semua masalah ini saat ini dibahas dengan partisipasi Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan pejabat senior pemerintah Rusia dan saya memiliki kontak kerja yang konstan dengan rekan-rekan dari PBB,” kata dia.

Putin disebut memahami keprihatinan Jokowi tentang topik ini. Dia pun menyatakan kesiapan untuk menginformasikan lebih detail tentang upaya Rusia saat mengatasi masalah pangan dan pupuk di pasar global kepada mitranya dari Indonesia tersebut.

"Saya siap menginformasikan lebih detail tentang upaya kami di bidang ini, untuk memberikan kontribusi dalam penyediaan makanan dan pupuk untuk pasar global," lanjutnya, diberitakan TASS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keluh Kesah Putin kepada Jokowi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2022/07/01/080000270/keluh-kesah-putin-kepada-jokowi?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm