Tim pengawas Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pekalongan, melakukan mengecek ketersediaan gas elpiji di salah satu agen gas di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (28/3/2022). Pengecekan tersebut untuk memastikan stok gas elpiji aman jelang ramadhan hingga lebaran.
Tim pengawas Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pekalongan, melakukan mengecek ketersediaan gas elpiji di salah satu agen gas di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (28/3/2022). Pengecekan tersebut untuk memastikan stok gas elpiji aman jelang ramadhan hingga lebaran. ( ANTARA)

Beli Elpiji 3 Kg Pakai MyPertamina, Kapan Realisasinya?

1 Juli 2022 16:25 WIB

SonoraBangka.ID - Pembelian elpiji 3 kilogram rencananya juga akan menggunakan aplikasi MyPertamina seperti pembelian Pertalite dan Solar. Seperti telah diberitakan, pembelian Pertalite dan Solar untuk kendaraan roda 4 wajib menggunakan aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Lalu kapan realisasi pembelian elpiji 3 kg akan menggunakan aplikasi MyPertamina?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, penerapan MyPertamina untuk beli elpiji masih belum direalisasikan. Saat ini pihaknya masih fokus untuk bahan bakar minyak (BBM) subsidi, yakni Solar dan Pertalite.

"Prinsipnya untuk elpiji tiga kilogram belum kita jalankan (pembelian menggunakan aplikasi MyPertamina)," kata dia, Kamis (30/6/2022).

Dia pun belum dapat memastikan pemberlakuan MyPertamina untuk pembelian elpiji 3 kg. Namun demikian, Irto bilang, identitas masyarakat yang berhak menerima elpiji subsidi 3 kg telah terdata secara manual.

"Sebenarnya ini bukan merupakan hal yang baru karena pembeli elpiji tiga kilogram sebenarnya semua sudah didata ketika membeli dalam logbook. Tapi itu masih manual," ucap dia.

Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo mengatakan, rencana penggunaan MyPertamina untuk pembelian elpiji 3 kg akan dilakukan untuk menekan konsumsi serta penyaluran komoditas itu akan lebih tepat sasaran.

"Untuk LPG sebetulnya sama kita minta juga untuk register (lewat aplikasi MyPertamina)," kata Mars Ega dilansir dari Kompas TV, Rabu (29/6/2022).

Ia menjelaskan, pembelian elpiji 3 kg dengan MyPertamina sudah lebih dulu diuji coba, dibanding Pertalite. Basis data konsumen yang digunakan dalam program itu adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Uji coba pembelian elpiji 3 kg dengan MyPertamina mulai dilakukan sejak Maret 2022. Saat ini, uji coba tersebut telah memasuki tahap 6.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm