poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki(Suprawitno)
poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki(Suprawitno) ( kompas.com)

Begini Gejala Aki Mobil Soak Minta Diganti

3 Juli 2022 18:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki pada mobil juga memiliki batas usia pemakaian. Secara normal, usia pemakaian aki pada kendaraan roda empat bisa sampai dua tahun bahkan lebih.

Tapi, keawetan penggunaan aki mobil juga tergantung dari bagaimana pemilik menggunakan dan merawatnya.

Apabila aki tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin aki bisa lebih cepat rusak atau soak sebelum waktunya diganti. Saat kondisi itu tidak terjadi, aki akan menunjukkan gejala yang tidak biasa saat mobil dinyalakan.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan gejala aki mobil soak dapat terdeteksi saat hendak menyalakan mesin.

“Saat melakukan starter mesin, mesin tidak kuat menyala. Maka tandanya aki sudah lemah,” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan kata lain, aki mobil yang sudah lemah saat mesin dinyalakan tidak bisa langsung hidup atau tidak langsung menyala.

Bila keesokan harinya saat mesin dihidupkan kondisinya masih sama, itu berarti aki sudah lemah atau soak. Agar lebih yakin aki sedang tidak dalam keadaan baik, sorot lampu besar juga sudah melemah atau tidak seperti biasanya.

Jika sudah merasakan beberapa gejala tersebut, Didi menyarankan, sebaiknya aki mobil segera dilakukan pengecekan ke bengkel atau di toko aki.

Aki yang sudah tidak bagus atau soak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai contoh, mengalami macet di jalan dan harus berjalan untuk mencari bengkel atau menemukan toko aki yang bisa melakukan perbaikan.

“Untuk usia rata-rata aki itu antara 1,5 tahun sampai dua tahun, kalau sampai di atas dua tahun itu sudah bagus,” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Tanda Aki Mobil Soak Minta Diganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/03/120100915/begini-tanda-aki-mobil-soak-minta-diganti.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm