Ilustrasi planet
Ilustrasi planet ( freepik )

Ternyata Tak Hanya Pluto, Ini 5 Planet Kerdil yang Ada di Tata Surya

3 Juli 2022 19:22 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui bahwa, tata surya kita ini bukan hanya dihuni oleh matahari, bintang, bulan, dan planet-planet besar saja. 

Melainkan juga dihuni oleh banyak benda langit lainnya. Salah satu diantaranya adalah planet kerdil atau planet kurcaci. 

Planet kerdil yang paling populer di kalangan umum adalah Pluto. Sebab, dulunya Pluto merupakan sebuah Planet seperti Bumi. 

Planet kerdil sendiri merupakan benda langit yang berputar mengelilingi matahari, memiliki gravitasinya sendiri, namun bukan satelit dari planet lain. 

Para astronom memperkirakan bahwa mungkin ada sebanyak 200 planet kerdil di tata surya dan Sabuk Kuiper. 

Berikut ini lima planet kerdil yang paling populer. Apa saja? Simak, yuk!

1. Ceres

Ceres merupakan planet kerdil yang paling awal ditemukan dan merupakan planet kerdil terkecil saat ini. 

Dibandingkan dengan Pluto yang berada jauh di belakang, Ceres merupakan planet kerdil yang terdekat dari Bumi, lo. 

Planet Ceres ini ditemukan oleh astronom Sisilia Giuseppe Piazzi pada tahun 1801 di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm