Yamaha French rider Fabio Quartararo competes during the MotoGP fourth free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)(PAU BARRENA)
Yamaha French rider Fabio Quartararo competes during the MotoGP fourth free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)(PAU BARRENA) ( kompas.com)

Yamaha Monster Buka Opsi Beralih Menggunakan Mesin V4

12 Juli 2022 18:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Fabio Quartararo bertengger di posisi teratas klasemen pebalap, namun dia tak menutupi rasa kecewa bahwa pengembangan motor Yamaha YZR-M1 2022 kurang bertenaga.

Yamaha berjanji menyelesaikan masalah tersebut. Pabrikan asal Iwata, Jepang itu kemudian memperkerjakan orang baru mantan insinyur Formula 1 untuk mengembangkan mesin dan hal teknis lain.

Manajer tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli, mengatakan, dengan pengalamannya kedatangan Luca Marmorini di tim akan bermanfaat buat pengembangan motor.

“Kami mencoba untuk memanfaatkan pengalamannya, yang telah diperolehnya di Formula 1 dengan Ferrari dan Toyota dan di MotoGP baru-baru ini dengan Aprilia,” kata dia mengutip Tuttomotoriweb.it, Selasa (12/7/2022).

Meregalli mengatakan Yamaha mencoba semua opsi yang ada agar motor tahun depan lebih kencang.

Muncul pertanyaan apakah ada kemungkinan Yamaha mengubah mesin empat silinder segaris yang selama ini dpakai menjadi V4 90°.

Sebab saat ini tinggal Yamaha dan Suzuki yang mengadopsi jantung pacu empat silinder segaris. Namun seperti diketahui Suzuki akan meninggalkan MotoGP musim depan.

“Ini adalah aspek yang harus dicerminkan oleh para insinyur, tetapi saya tidak mengecualikan apa pun," kata Meregalli.

Kalaupun benar maka tetap butuh waktu sehingga ditengarai tidak dalam waktu dekat. Sebab kalau beralih menggunakan mesin V4, Yamaha butuh waktu menyelesaikan hal teknis lain.

Mesin baru butuh riset yang tidak sebentar dan tes yang memakan waktu. Mengubah mesin artinya membuat ulang seluruh motor termasuk rangka agar sesuai dengan mesin baru.

“Ketika Anda beralih dari spesifikasi yang sangat Anda kenal ke yang baru, butuh waktu lama untuk mendapatkan pengalaman. Sebelum membuat keputusan ini kita harus benar-benar yakin,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yamaha Monster Buka Opsi Beralih ke Mesin V4", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/12/140100415/yamaha-monster-buka-opsi-beralih-ke-mesin-v4.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm