( )

Batavia Madrigal Singers Juara Kompetisi Paduan Suara Dunia

13 Juli 2022 11:36 WIB

SonoraBangka.Id - Paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS), 2022 ini nggak cuma merayakan 26 tahun berkarya, tapi juga berhasil menjuarai 32nd European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 yang digelar di Grand Theatre kota Tours, Perancis.


Pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022, BMS mengadakan syukuran di Balai Resital Kertanegara, yang juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Bapak Sandiaga Uno beserta para jajarannya.


Mas Menteri mengaku speechless melihat keberhasilan BMS di ajang bergengsi dunia.


 “Kemenangan ini menambah deretan panjang prestasi para musisi dalam negeri yang berhasil membawa nama harum Indonesia di mata dunia. Saya atas nama pemerintah republik Indonesia dan kemenparekraf mengucapkan selamat atas kemenangan yang diraih BMS," ucapnya.


FYIm Sub sektor musik menyumbang sekitar Rp 6 triliun atau sekitar 0,53% dari  PDB tahun 2020.
Menurut Mas Sandi, ada juga beberapa sub sektor ekonomi kreatif yang terpotret oleh penampilan BMS ini.


"Pertama adalah dari fashion, baju yang digunakan sangat bagus sekali. Kedua adalah kriya, yaitu ornamen yang dipakai para penyanyi sangat distinctive dan ini merupakan kebanggaan ekonomi kreatif Indonesia juga," paparnya.

Perlu diketahui tahun lalu kita memecahkan rekor dalam ekspor ekonomi kreatif yang melebihi USD 21,8 Miliar yang didominasi oleh fashion dan kriya.

 
"Terakhir adalah seni pertunjukkan dengan menggabungkan nyanyi, tarian dan hentakan yang menjadi kekhasan dari budaya Indonesia. Saya doakan BMS terus membawa nama harum bangsa Indonesia dengan prestasi-prestasinya,” tutupnya.


Pujian atas keberhasilan BMS perlu secara khusus kita berikan ke Avip Priatna selaku Direktur The Resonanz Music. Dirinya terus melatih Batavia Madrigal Singers yang merupakan salah satu kelompok musik yang bernaung di bawah The Resonanz Music.


“Saya bersama teman-teman BMS tentunya sangat bersyukur kepada Tuhan YME atas kemenangan ini. Tentunya pencapaian ini  tidak luput dari dukungan dan doa  dari berbagai pihak. Untuk itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung. Semoga kedepannya pemerintah Indonesia juga dapat mendukung BMS dan the Resonanz Music dalam mewujudkan misinya, membawa harum bangsa Indonesia melalui musik,” akunya.


Sekedar info, bukan hanya kali ini saja, BMS mengukir kemenangan dan membawa harum nama Indonesia di luar negeri.


Dalam beberapa tahun ini, BMS telah memenangkan beberapa kompetisi.


Seperti tahun 2014 meraih 3 gelar di Florilège Vocal de Tours, Prancis, tahun 2015 BMS berhasil meraih Juara III dan merupakan salah satu dari sepuluh paduan suara terbaik yang lolos seleksi untuk berpartisipasi di Marktoberdorf, Jerman, kategori Mixed Choir.


Tahun 2016 meraih 3 gelar pada 48th Tolosa Choral Contest di Spanyol, tahun 2018 meraih Juara I pada kompetisi “50th Tolosa Choral Contest”, tahun 2019 kembali meraih 3 gelar pada Florilege Vocal de Tours di kota Tours, Perancis dan di tahun yang sama juga meraih 2 gelar dan juara umum pada 51st Tolosa Choral Contest yang mengantarkan BMS dapat berkompetisi di ajang 32nd European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm