11 kosakata Korea yang dimasukkan ke dalam KBBI
11 kosakata Korea yang dimasukkan ke dalam KBBI ( )

11 Kosakata Korea yang Dimasukkan ke Daftar KBBI, Ada Oppa dan Manhwa!

15 Juli 2022 15:05 WIB

SonoraBangka.ID - Udah tahu belum kalo KBBI memasukkan beberapa kosakata bahasa Korea ke dalamnya? Salah satunya ‘oppa’ yang berarti sapaan dari cewek kepada cowok yang lebih tua atau kalo di sini ‘mas’ dan ‘abang’.

 Hal ini diumumkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang memasukkan kosakata Bahasa Korea ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kosakata ini merupakan hasil serapan dari bahasa asing yang sudah disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh salah satunya karena tingginya konsumsi masyarakat Indonesia dengan drama dan musik Korea.

Saking digemarinya, selain istilah bahasa Korea sering didengar masyarakat, cara makan masyarakat Korea dan menu makanan Korea juga menjamur di Indonesia. Penggunaan kosakata Korea antara lain seperti ‘mukbang’ sering digunakan di sini,

  1. Oppa

Dalam KBBI, "oppa" merupakan kata benda di Korea yang berarti panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua. Panggilan ini biasanya digunakan buat mereka yang punya hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama seperti kakak kandung, teman, dan pacar.

  1. Bingsu

Menurut KBBI, "bingsu" adalah minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lain.

  1. Bibimbap

Di KBBI, bibimbap bermakna makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang.

  1. Kimci

Menurut KBBI, "kimci" termasuk kata benda yang berarti makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), kemudian difermentasikan.

  1. Bulgogi

Kosakata "bulgogi" dalam KBBI memiliki arti makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain, diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

  1. Mandu

Dalam KBBI, kata "mandu" bermakna pangsit khas Korea, biasanya menggunakan tofu.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm