Mesin 1.000 cc turbo VW T-Cross(DOK. GARUDA MATARAM MOTOR)
Mesin 1.000 cc turbo VW T-Cross(DOK. GARUDA MATARAM MOTOR) ( kompas.com)

Apakah Mobil Mesin Turbo Boleh Konsumsi Pertalite?

15 Juli 2022 22:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Dengan Naiknya harga bahan bakar dewasa ini menimbulkan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih kendaraan. Masyarakat perlu lebih selektif agar mobil yang dibeli tidak menguras kantong cuma untuk membeli bahan bakar.

Sementara itu, hanya Pertalite bensin yang paling murah karena masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Bila pada akhirnya Pertamina menentukan mobil yang boleh membeli Pertalite adalah mobil-mobil dengan kapasitas mesin kecil, maka bisa menguntungkan mobil-mobil kompak dengan teknologi turbo.

Pasalnya, mesin turbo memang didesain mempunyai kapasitas mesin kecil, namun memiliki tenaga sepadan dengan mesin berkapasitas lebih besar. Teknologi turbo juga kini bukan fokus mengejar tenaga tapi konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Secara mekanis, mesin turbo tidak hanya mengandalkan kubikasi silinder pada mesin, tapi juga mengandalkan tekanan turbin dalam menyuplai udara.

Dengan kata lain, mesin turbo bisa menghasilkan kompresi yang lebih tinggi daripada mesin tanpa turbo dengan kapasitas yang sama. Jadi, tidak heran jika mesin turbo menjadi perhatian masyarakat saat ini.

Tapi, secara teknikal apakah mesin turbo boleh mengkonsumsi Pertalite?

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan boleh-boleh saja mesin turbo menenggak Pertalite, tapi harus melihat spesifikasi mesin, sebenarnya setinggi apa sih kompresinya.

“Jika dilihat dari rasio kompresi, mesin turbo memang memiliki rasio kompresi yang lebih rendah, secara kapasitasnya juga lebih rendah, tapi mesin turbo memiliki komponen penunjang lain dalam meningkatkan kompresi mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (14/7/2022).

Dia mengatakan mesin turbo sebenarnya tetap menghasilkan kompresi tinggi, meski memiliki rasio kompresi rendah. Jadi, tetap saja membutuhkan bahan bakar yang beroktan tinggi demi menunjang kebutuhan mesin.

“Boleh sih boleh saja menggunakan Pertalite, tapi kalau tidak sesuai spesifikasi ya nanti bisa berpengaruh pada tenaga mesin,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan setiap mobil memiliki rekomendasi dari pabrikan berdasarkan kompresi mesin, tidak hanya dari rasio kompresi. Ibrohim mengatakan biasanya jenis bahan bakar yang direkomendasikan tertera di buku panduan.

“Kalau Nissan Magnite sih sebaiknya pakai Pertamax, biar maksimal,” ucap Ibrohim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Mobil Turbo Boleh Konsumsi Pertalite?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/15/102200015/apakah-mobil-turbo-boleh-konsumsi-pertalite-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm