Lagu "Gangnam Style"
Lagu "Gangnam Style" ( KOMPAS.com/ Melvina Tionardus)

Lagu "Gangnam Style" Berusia 10 Tahun pada 15 Juli 2022

18 Juli 2022 09:49 WIB

SonoraBangka.ID - Lagu "Gangnam Style" milik PSY berulang tahun ke-10 tepat pada 15 Juli 2022.

Mengutip situs Official Blog YouTube, pada 15 Juli 2012, sejarah video musik (MV) berubah saat video musik "Gangnam Style" oleh PSY membuat debutnya hingga tak terlupakan di YouTube.

PSY dengan karyanya menggemparkan dunia, membuat orang-orang di seluruh dunia berbondong-bondong ke YouTube untuk menonton videonya.

Kurang dari enam bulan kemudian, pada tanggal 21 Desember 2012, video "Gangnam Style" menjadi video musik pertama yang mencapai 1 miliar views di YouTube.

Dari situlah platform itu membuat Billion Views Club (BVC) YouTube.

“Menjadi artis pertama yang mencapai 1 miliar penayangan di YouTube adalah perasaan yang luar biasa 10 tahun yang lalu dan masih sampai sekarang. Untuk memainkan peran dalam membuka jalan bagi semua jenis musik untuk melampaui batasan adalah suatu kehormatan sejati," kata PSY, dikutip dari YouTube Official blog, Sabtu (16/7/2022).

"Gangnam Style" sekarang telah memiliki lebih dari 4,4 miliar views.

Hal itu membuktikan bahwa PSY menunjukkan bahwa video musik di YouTube bisa menghubungkan artis dengan penggemar mereka di seluruh dunia, sambil menginspirasi orang lain untuk mencapai rekor pemecahan rekor mereka sendiri.

"Ketika 'Gangnam Style' PSY mencapai 1 miliar views di YouTube, itu adalah momen luar biasa yang membuat sejarah," kata Sun Lee, Direktur Kemitraan Musik (Korea & Greater China) & Hubungan Artis APAC dari YouTube.

"Kombinasi bernyanyi dalam bahasa Korea, menggabungkan gerakan tarian unik ke dalam video musiknya dan jangkauan global YouTube, menghasilkan pencapaian luar biasa ini yang masih dihargai oleh banyak orang di seluruh dunia," jelas Lee melanjutkan.

Di sisi lain, butuh waktu lebih dari satu tahun untuk video musik lain untuk menyamai capaian "Gangnam Style", yakni hit Justin Bieber yang berjudul “Baby”.

Namun 10 tahun kemudian, Billion Views Club YouTube telah berkembang untuk memasukkan beberapa video musik paling ikonik yang telah teruji oleh waktu dan membuat kesan pada pemirsa di seluruh dunia.

Mencapai miliaran views di YouTube merupakan catatan luar biasa dan diapresiasi dalam logo YouTube khusus Billion Views Club yang dibuat khusus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm