Ilustrasi rapat
Ilustrasi rapat ( (Dylan Gillis))

Daftar Perusahaan Teknologi yang PHK Karyawan, dari Netflix hingga Tesla

18 Juli 2022 17:03 WIB

SonoraBangka.ID - Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masih bergulir dan menerpa berbagai perusahaan, termasuk di bidang teknologi.

Penyebabnya tak lain karena ketidakstabilan ekonomi, kenaikan suku bunga di AS serta kenaikan inflasi sampai 9,1 persen, sehingga berbagai perusahaan melakukan efisiensi.

Menurut catatan Crunchbase, PHK di AS sudah terjadi sejak awal tahun 2022. Namun, saat itu hanya tiga perusahan non-teknologi yang tercatat memutuskan PHK.

Kemudian pada Februari, platform acara virtual Hopin melakukan efisiensi dan memutuskan PHK karyawan.

Padahal perusahaan ini terbilang untung saat pandemi. Menurut Crunchbase, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang bahkan menjadi "pemenang" saat pandemi, harus menyesuaikan diri dengan pasar pada tahun ini.

PHK terjadi juga pada Mei 2022, tercatat setidaknya 35 perusahaan teknologi yang berbasis di AS memangkas jumlah karyawannya. Jumlahnya terus bertambah dan pada Juni 2022 lalu ada sekitar 74 perusahaan memutuskan PHK.

Hingga hari ini, Jumat (15/7/2022), jumlah perusahaan teknologi yang memutuskan PHK juga bertambah termasuk Coinbase hingga Microsoft.

Beberapa perusahaan teknologi ternama yang sebelumnya hanya menangguhkan rekrutmen, pada akhirnya mengukuti jejak yang sama dengan perusahaan lain dan memangkas karyawannya.

Misalnya Microsoft yang mem-PHK sekitar 1.000 karyawan dan Meta yang memangkas ratusan karyawan dari pihak ketiga.

Berikut beberapa perusahaan teknologi yang melakukan PHK karyawan:

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm