Boks filter udara Toyota Avanza(Dok. YouTube Andiazuno)
Boks filter udara Toyota Avanza(Dok. YouTube Andiazuno) ( KOMPAS.COM)

Imbas Buruk Filter Udara Mobil yang Kotor

24 Juli 2022 20:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Sering, pemilik mobil mengeluhkan tarikan mesin yang loyo dan bensin boros.

Hal ini bisa disebabkan beberapa masalah, namun yang paling sering terlewat adalah karena filter udara yang kotor imbas jarang diperhatikan. 

Perlu diketahui, filter udara yang kotor bisa mempengaruhi performa mesin lantaran menyebabkan sumbatan.

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Bambang Sri Haryanto, filter udara yang kotor berisiko memperparah kondisi ruang bakar. Selain knocking atau mesin ngelitik, konsumsi bahan bakar juga lebih boros. 

"Filter udara yang kotor berpengaruh pada udara masuk ke intake ruang bakar yang jumlahnya semakin sedikit," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Dia menjelaskan, proses pembakaran mesin tak bisa sempurna lantaran pasokan udara terhalang debu dan kotoran. Perangkat ECU membaca udara dan bahan bakar tidak seimbang.

"Kotoran semakin banyak di kertas saringan filter membuat bacaan ECU terhadap pasokan udara dan bahan bakar sistem pembakaran disesuaikan," ucap Bambang. 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Andika Herda Permana juga menjelaskan hal yang sama, yakni imbas filter udara yang kotor akan membuat kerak di ruang bakar lebih banyak. Bila dibiarkan risikonya mesin akan ngelitik

"Cek filter udara bisa dilakukan rutin, kalau dirasa tarikan mesin kurang bertenaga atau konsumsi BBM lebih boros filter bisa di bersihkan," ujar Dika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Buruk Filter Udara Mobil yang Kotor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/24/183100215/dampak-buruk-filter-udara-mobil-yang-kotor.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm