Ilustrasi bubur kampiun, kuliner legendaris khas Minang.
Ilustrasi bubur kampiun, kuliner legendaris khas Minang. ( Dok. Mediakom Kementerian Kesehatan RI)

Santapan Legit Buat Sarapan, Berikut Resep Bubur Kampiun Khas Minang

25 Juli 2022 15:01 WIB

SonoraBnagka.id -  Bubur kampiun ialah jajanan legendaris khas Minang yang ada di Festival Budaya Minang Luhak Nan Tigo 2022. Rasanya legit dengan santan dan gula merah yang medok, serta disajikan dengan berbagai komponen pelengkap seperti candil, kolak pisang, ketan, dan sarikaya. Jika berkunjung ke Sumatera Barat, kamu dapat menemui bubur kampiun dijajakan bersama lemang, lopis, dan ketan hitam pada pagi hari untuk sarapan. Kali ini kamu juga bisa membuat bubur kampiun di rumah, simak resepnya dari buku "Pusaka Nenek Moyang, Yang Pantas Disayang: Kuliner Minangkabau" (2019) karya Murdijati Gardjito dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Resep bubur kampiun khas Minang

Bahan kolak pisang:

2 buah pisang raja (kupas dan potong melintang)

400 mililiter santan encer

200 gram gula aren

1 lembar daun pandan (ikat)

300 mililiter air bersih

1/2 sendok teh garam

Bahan candil:

200 gram tepung ketan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm