Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos)

3 Cara Mendampingi Anak Korban Bullying, Orang Tua Wajib Tahu!

25 Juli 2022 15:27 WIB

SonoraBangka.idSelain tersinggung dan sakit hati, bullying dapat memicu trauma hingga depresi pada anak karena termasuk pengalaman buruk.

Bullying atau aksi perundungan pada anak bisa terjadi di mana saja, baik sekolah, lingkungan sekitar, dan rumah.

Sebagai orang tua, selalu prioritaskan untuk berbicara dengan anak tentang aktivitasnya setiap hari guna membangun komunikasi terbuka.

Jangan lupa perhatikan pula apakah ada perilaku atau kebiasaan yang tiba-tiba berubah pada anak yang mengarah pada dampak bullying.

Melansir Empowering Parents, inilah cara mendampingi anak korban bullying yang perlu diketahui orang tua. Yuk, simak!

1. Mendengarkan anak

Jadilah pendengar yang baik, jangan memotong pembicaraan anak dan biarkan mereka mengungkapkan perasaannya.

Meski terdengar menyakitkan karena anak jadi korban bullying, bersikaplah terbuka dan tetap tenang sambil mendengarkannya.

Hati-hati, bereaksi terlalu keras terhadap apa yang dikatakan anak dapat membuatnya berhenti berbicara karena takut membuatmu kesal.

2. Hindari membalas pelaku bullying atau keluarganya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm