Ilustrasi
Ilustrasi ( )

4 Tips Mengajarkan Anak Mengatasi Bullying, Selain Mengubah Ejekan!

25 Juli 2022 15:47 WIB

SonoraBangka.idSebagai orang tua, rasanya pasti menyakitkan mengetahui buah hati ditindas orang lain.

Bahkan, jika bisa membalas mereka dengan cara yang sama.

Bullying atau perundungan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, tak terkecuali di lingkungan sekolah atau pertemanan anak-anak.

Tapi, jika Kawan Puan membalasnya dengan cara yang sama, apa bedanya dengan pelaku bullying?

Nah, perlu sekali mengajarkan kepada anak-anak untuk memberikan perlindungan bagi dirinya sendiri saat mengalami perundungan.

Alih-alih menindas balik, ajarkan mereka untuk membalas dengan cara yang elegan dan tidak merusak harga diri orang lain.

Dengan begitu, anak-anak akan tampil percaya diri dan menganggap perundungan itu adalah urusan mereka, bukan apa yang sebenarnya terjadi pada anak-anak.

Sebagaimana dikutip dari Bright Side, berikut ini cara mengajarkan anak menghadapi bullying tanpa melukai harga diri orang lain.

1. Mendengarkan anak berbagi cerita

Bicaralah dengan anak kamu tentang apa yang terjadi di sekolah, serta buat mereka merasa didengar dan dipahami.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm