Delegasi Indonesia yang mengikuti pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Rabu (27/7/2022). Mereka yakni Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.
Delegasi Indonesia yang mengikuti pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Rabu (27/7/2022). Mereka yakni Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi. ( Dok. Sekretariat Presiden)

RI “Lobi-lobi” China, Jepang hingga Korsel, Bahas Apa?

28 Juli 2022 19:16 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tanah air melalui “lobi-lobi” ke beberapa negara di Asia. Pekan ini, Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri mengunjungi China, Jepang hingga Korea Selatan untuk meningkatkan kerja sama antar negara.

“Bersama rekan-rekan menteri, kami mendampingi Presiden Jokowi melawat ke China, Jepang, dan Korea Selatan. Kami membahas kerja sama berbagai bidang untuk meningkatkan perekonomian. Insyaallah hasil dari perjalanan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengutip Instagram, Kamis (28/7/2022).

Erick mengatakan, pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Beijing Selasa (26/7/2022), menghasilkan kesepakatan menguntungkan.

“Hasil meeting antara Pak Presiden Joko Widodo dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, China akan membeli 1 juta ton produk kelapa sawit dan ini bisa membantu (mendorong) harga kelapa sawit Indonesia,” kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Selain itu, China juga berkomitmen untuk membeli produk-produk pertanian Indonesia. Di sisi lain, dia juga menyebut, pertemuan dengan Xi juga membahas terkait dengan progres pembangunan Kereta Capat Jakarta Bandung (KCJB).

“Kabar lainnya, kerja sama BUMN untuk kereta api cepat akan kita selesaikan. Kemudian, kerja sama untuk baterai listrik juga berjalan dengan baik, dan bagaimana kita juga mengembangkan perindustrian perikanan,” tambahnya.

Setelah melakukan kunjungan kenegaraan di China, Presiden dan para pejabat negara bertolak menuju Tokyo, dan dilanjutkan ke Korea Selatan. Di Korea Selatan, Indonesia akan melakukan diskusi untuk penjajakan kerja sama perusahaan BUMN, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, serta perusahaan hasil kerja sama dengan Korea, Posco.

“Hari ini padat sekali, nanti malam sudah berangkat lagi ke Korea Selatan, Seoul untuk berdiskusi kerja sama salah satunya Krakatau Steel dan Posco, agar bisa melanjutkan kerja sama kedepan dalam membangun pondasi industri baja Indonesia,” jelasnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RI “Lobi-lobi” China, Jepang hingga Korsel, Bahas Apa?", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/07/28/121849426/ri-lobi-lobi-china-jepang-hingga-korsel-bahas-apa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm