lustrasi olahan seafood.
lustrasi olahan seafood. ( Dok. Shutterstock/ Madebad)

Tahan Sampai 1,5 Tahun, Berikut Cara Simpan Olahan Seafood Frozen

1 Agustus 2022 20:29 WIB

SonoraBangka.id - Olahan seafood frozen seperti bakso salmon, bakso cumi, chikuwa, crab stick, dan masih banyak lainnya terbilang sebagai makanan yang awet.  "Frozen food yang disimpan dengan benar dan suhu yang tepat, bisa bertahan sampai satu sampai satu setengah tahun," kata Brand & Procurement Fitrafood, Hans Manan dalam acara peluncuran keamasan baru Seafoodking di pameran Food & Hotel Indonesia 2022, JiExpo Kemayoran, Selasa (26/7/2022).  Hans mengatakan cara simpan yang benar olahan seafood frozen ini adalah di freezer dengan suhu minus 18 derajat Celcius. Suhu tersebut tidak memungkinkan pertumbuhan bakteri.  "Dengan syarat tidak terlalu lama di luar ruangan, bisa tahan lama," kata Hans. 

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk segera memasukkan olahan seafood di freezer setelah belanja. Selain itu juga menyimpan olahan seafood dalam beberapa porsi sekali masak.  "Kalau misal mau masak jadi tidak perlu dikeluarkan semuanya," katanya.  Hans juga menjelaskan jika kemasan olahan seafood sudah menggembung dan berlendir sebaiknya jangan dibeli atau dikonsumsi.  "Sebaiknya pilih produsen olahan seafood yang dari pabrik besar karena sudah terjamin dari segi kesehatan dan keamanan. Beli produknya juga di tempat terpercaya," pungkasnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Olahan Seafood Frozen, Tahan Sampai 1,5 Tahun ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/01/160700675/cara-simpan-olahan-seafood-frozen-tahan-sampai-1-5-tahun-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm