Facebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara.
Facebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara. ( (AP PHOTO/JENNY KANE))

Facebook Tutup Fitur Live Shopping 1 Oktober, Fokus ke Reels

4 Agustus 2022 16:37 WIB

SonoraBangka.ID - Jejaring sosial Facebook mengumumkan akan menutup fitur “Live Shopping” pada 1 Oktober 2022. Pengumuman tersebut disampaikan langsung melalui blog resmi perusahaan.

Live Shopping adalah fitur siaran langsung yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas jual beli secara live di Facebook.

Berdasarkan pernyataan yang diberikan Facebook, penutupan fitur Live Shopping dilakukan agar perusahaan bisa lebih berfokus pada pengembangan Reels di Facebook dan Instagram.

“Dikarenakan perilaku menonton pengguna (telah) beralih ke video berdurasi pendek, kami mengalihkan fokus kami ke Reels di Facebook dan Instagram, (sebuah) produk video berdurasi pendek Meta,” tulis Facebook di blog resminya.

Pengguna akan tetap bisa menggunakan fitur “Facebook Live” untuk melakukan siaran langsung, tetapi pengguna dipastikan tidak akan dapat mengunggah produk dalam bentuk album atau memberi “tag” pada produk, ketika sedang melakukan siaran langsung.

Sebagai gambaran, fitur tag produk mempermudah penjual dan pembeli untuk melakukan pembelian. Penjual, dalam konteks ini, akan menampilkan harga barang produk berbentuk kolom selama siaran, sedangkan pembeli dapat mengeklik produk tersebut untuk melihat produk lebih detail ataupun membelinya.

Adapun melalui pengumuman penutupan fitur tersebut, pihak Facebook juga “mengajak” para penggunanya untuk bereksperimen menggunakan dan memanfaatkan fitur Reels di Facebook dan Instagram.

“Bila Anda (pengguna) ingin menjangkau orang-orang melalui video, cobalah bereksprimen menggunakan iklan Reels atau Reels di Facebook dan Instagram. Anda juga dapat memberi 'tag' produk di Reels Instagram, sehingga memungkinkan (pengguna) menemukan dan mempertimbangkan (produk pengguna) lebih mendalam,” papar Facebook.

Untuk diketahui, fitur Live Shopping milik Facebook diluncurkan pertama kali pada 2018 di Thailand. Tujuan peluncuran fitur ini ingin membantu para kreator (influencer) dapat menjual dan memamerkan produk mereka secara langsung, baik toko milik pribadi maupun toko afiliasi.

Sebagaimana dihimpun dari The Verge, Kamis (4/8/2022), fitur tersebut mulai mengalami pertumbuhan yang signifikan pada 2020. Di saat yang bersamaan, Facebook juga meluncurkan tab “Shop” secara khusus, seperti “Shops in Group” dan rekomendasi produk pada 2021.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm