Ilustrasi pasangan cemburu
Ilustrasi pasangan cemburu ( Sumber gambar dari Kompas.com)

Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Curiga yang Lebay, Waspada Trust Issue!

5 Agustus 2022 13:31 WIB

SonoraBangka.id - Pernahkah Anda merasa curiga degan pasangan? Bawaannya selalu ingin mengecek isi obrolan di ponsel atau mengecek media sosialnya.

Lalu curiga bila pasangan memberi tanda “like” pada unggahan teman perempuannya.

Bila pernah ada cerita di masa lalu bahwa si dia sempat berpaling dari Sahabat NOVA, mungkin ini bisa dimaklumi.

Walaupun tetap saja, bila kalian berdua sudah sepakat untuk melanjutkan hubungan, sikap curiga terus-menerus itu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut.

Namun, kalau tidak ada kejadian apa-apa, tapi kamu tak bisa mengendalikan rasa curiga, jangan-jangan kamu mengalami trust issue (masalah kepercayaan).

Trust issue adalah sebuah kondisi ketika seseorang sulit percaya pada orang lain.

“Trust issue terjadi atas pengalaman pribadi pada masa lalu yang sulit untuk dilupakan. Bisa disebabkan riwayat trauma masa kecil, seperti menyaksikan perselingkuhan, kekerasan, bisa juga karena riwayat sosial pernah dikecewakan, pernah dikhianati, menjadi saksi penderitaan dikhianati,” ujar Elvine Gunawan, dr, Sp.KJ, psikiater dari RSIA Limijati Kota Bandung kepada NOVA.

Tentu saja trust issue ini enggak boleh dianggap sepele. Kata Elvine, “Jika dibiarkan, trust issue bisa menyebabkan munculnya gangguan stres pasca trauma akibat trauma emosional."

Hal ini menyebabkan orang menjadi lebih waspada dan sering kali menjadi cemas dalam
menghadapi isu relasi.

Tentu saja memiliki masalah kepercayaan ini melelahkan, baik bagi yang menjalaninya maupun bagi pasangan yang selalu saja dicurigai. Lantas bagaimana mengatasinya?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm