Benarkah Mobil Usai Ganti Ban Dilarang Ngebut?
Benarkah Mobil Usai Ganti Ban Dilarang Ngebut? ( KOMPAS.COM)

Apa Benar Mobil Usai Ganti Ban Dilarang Ngebut?

7 Agustus 2022 17:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Ganti ban sudah merupakan perawatan wajib bagi mobil kesayangan. Tapi ternyata ganti ban ini ada aturan main yang harus di perhatikan. 

Walau sudah dilakukan spooring dan balancing ban mobil baru juga membutuhkan adaptasi. Dalam masa uji coba ini ban baru tidak boleh langsung diajak ngebut. 

Alasannya, kompon ban baru memiliki lapisan lilin yang licin agar tak gampang getas. Masa penyesuaian awal tersebut pengemudi mobil tidak boleh melakukan manuver sembarangan.

"Tahap uji coba dilakukan untuk menghilangkan lapisan lilin. Perlahan, lapisan pelindung kompon karet ban itu akan hilang sendirinya," kata Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Menurut dia, masa uji coba awal kecepatan mobil tak boleh terlalu tinggi. 

"Kecepatan mobil maksimal tidak boleh lebih dari 60 kilometer per jam," ucapnya.

Sementara itu pendapat berbeda diutarakan Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto.

Dia mengatakan ban mobil baru tidak perlu penyesuaian atau uji coba. Pabrikan ban telah memproduksi karet kompon ban melalui riset.

Disinggung soal lapisan lilin ban menurutnya cuma berjarak beberapa ratus meter setelah mobil berjalan akan hilang mengelupas. 

"Sama sekali tidak berpengaruh lapisan lilin akan hilang kalau sudah bergesekan dengan aspal," ucap Bambang.

Dengan demikian ada dua pendapat yang menyebutkan bahwa mobil seusai ganti ban tidak boleh dan boleh dibawa ngebut. Hanya saja, memang sebagai pengemudi kita harus bijak dalam berkendara.

Sangat dihindari sikap agresif saat mengemudi, apalagi bila merasa sudah memakai ban baru dan langsung berkendara dalam kecepatan tinggi, yang bisa membahayakan diri sendiri serta orang lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Mobil Usai Ganti Ban Dilarang Ngebut?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/07/094100015/benarkah-mobil-usai-ganti-ban-dilarang-ngebut-.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm