Mobil bermesin diesel menerjang air(-)
Mobil bermesin diesel menerjang air(-) ( KOMPAS.COM)

Mobil Mesin Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan Setelah Berhenti, Mitos atau Fakta?

8 Agustus 2022 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Muncul anggapan bahwa mesin diesel tidak boleh langsung dimatikan setelah berhenti. Hal ini terjadi lantaran banyaknya penjual timer turbo, dan tidak sedikit pula pengendara yang memasangnya.

Turbo timer sendiri adalah alat untuk membuat kendaraan mesin diesel tetap menyala beberapa menit setelah kunci kontak dimatikan. Hal itu mendukung anggapan bahwa tidak boleh mematikan mesin secara langsung.

Lalu, apakah benar perilaku berkendara seperti itu perlu dilakukan?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, alasan untuk tidak mematikan mesin secara langsung setelah berhenti bukan karena mesin diesel, melainkan karena turbocharger.

“Mungkin karena hampir setiap mobil diesel sudah dilengkapi turbocharger, tapi sebenarnya tujuan tidak mematikan mesin secara langsung setelah berhenti agar mesin turbo lebih awet,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Dia mengatakan di dalam turbocharger terdapat pendingin yang aktif selama mesin berputar, sehingga ketika mesin dimatikan langsung setelah bekerja cukup keras, maka hal itu bisa membuat komponen turbocharger mengalami penurunan suhu terlalu ekstrem.

“Jika perlu gunakan turbo timer sebagai alat pembantu, karena menjaga suhu komponen turbocharger stabil itu penting, khususnya menjaga poros turbin,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan poros turbin bekerja sangat keras dalam suhu yang sangat tinggi. Dari penggeraknya saja dapat diketahui, gas buang itu panas sedangkan putaran poros turbin bisa sampai 10 kali lipat lebih cepat dari putaran mesin.

Oleh karena itu, perlu penstabilan suhu terlebih dulu sebelum mesin dimatikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Mesin Diesel Jangan Langsung Dimatikan Setelah Berhenti, Mitos atau Fakta?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/08/122200115/mobil-mesin-diesel-jangan-langsung-dimatikan-setelah-berhenti-mitos-atau.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm