Ilustrasi kamar mandi, pintu kamar mandi. (SHUTTERSTOCK/SAIARLAWKA2)
Ilustrasi kamar mandi, pintu kamar mandi. (SHUTTERSTOCK/SAIARLAWKA2) ( KOMPAS.COM)

Feng Shui Tidak Membolehkan Pintu Kamar Mandi Menghadap Kamar Tidur dan Dapur, Kenapa?

13 Agustus 2022 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada berbagai macam faktor yang memengaruhi tata letak setiap ruangan di dalam rumah, salah satunya kemudahan akses untuk menjangkaunya.

Salah satu ruangan yang sering digunakan adalah kamar mandi, baik di kalangan anggota keluarga maupun tamu yang berkunjung.

Tata letak kamar mandi yang tepat memudahkan orang-orang untuk mengaksesnya, begitu pula dengan letak pintu kamar mandi.

Bila dinding kamar mandi terlihat dari arah kamar tidur, tetapi pintu masuknya berada di sisi lain, hal ini membuatmu harus melangkah lebih jauh dan cukup memakan waktu.

Tentunya, kondisi tersebut menyulitkan orang-orang yang terbangun pada tengah malam karena harus segera membuang kotoran.

Akan tetapi, kalau dilihat dari ilmu feng shui, ternyata pintu kamar mandi tidak boleh menghadap ke kamar tidur dan dapur.

Sebab, ujar konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, kamar mandi merupakan pusat sha qi, yakni energi negatif yang juga disebut energi pembunuh.

“Istilah ini memang tidak terlalu berlebihan karena kondisi kamar mandi sangat mendukung sebagai pusat berkembangnya virus penyakit,” tuturnya, dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, Sabtu (13/8/2022).

Mas Dian melanjutkan, hal ini karena kamar mandi merupakan tempat untuk membuang kotoran padat dan cair manusia. Mereka berbau dan dapat menjadi sumber penyakit.

Lalu, ada saluran pembuangan yang dapat mengeluarkan bau tidak sedap, sehingga udara terasa kotor. Lantas, apakah ini yang membuat pintu kamar mandi sebaiknya tidak menghadap kamar tidur dan dapur?

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm