Ilustrasi tangga, Ilustrasi tangga berkarpet. (Shutterstock/Artazum)
Ilustrasi tangga, Ilustrasi tangga berkarpet. (Shutterstock/Artazum) ( KOMPAS.COM)

Berdasarkan Feng Shui, Ini 3 Posisi Tangga Rumah yang Perlu Dihindari

16 Agustus 2022 22:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk beberapa orang, posisi tangga dalam rumah adalah titik yang paling gampang dan paling cepat dijangkau.

Dengan demikian, anggota keluarga tidak perlu melewati dua hingga tiga ruangan terlebih dulu sebelum menaiki tangga dan mencapai tujuannya.

Akan tetapi, beberapa orang memiliki sejumlah pertimbangan selain kemudahan dan kecepatan dalam menjangkau tangga ketika memutuskan posisi peletakkannya.

Misalnya orang-orang yang menerapkan feng shui. Posisi tangga menurut feng shui memperhitungkan sejumlah hal guna memastikan seluruh area di rumah dialiri oleh energi baik.

Hal ini dituturkan dalam Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, Selasa (16/8/2022).

“Dalam feng shui, tangga juga berfungsi sebagai pengantar qi yang akan mengalirkannya ke lantai atas,” terang Mas Dian selaku konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia.

Menurutnya, bentuk anak tangga memiliki banyak siku-siku tajam yang memancarkan energi buruk. Jadi, letaknya harus diperhitungkan agar qi sebagai hawa rezeki yang memasuki hunian tidak rusak.

“Oleh sebab itu, posisi tangga paling pantang bertatapan langsung dengan pintu masuk,” imbuh Mas Dian.

Posisi tangga rumah menurut feng shui yang harus dihindari

  • Di atau terlihat dari ruang tamu

Posisi pertama adalah tangga diletakkan di atau terlihat dari ruang tamu. Dalam ilmu feng shui, posisi ini dinilai tidak etis.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm