Ilustrasi anak sarapan
Ilustrasi anak sarapan ( Shutterstock)

Jaga Asupan Gizi Si Kecil dengan Menciptakan Kebiasaan Sarapan Pagi

19 Agustus 2022 09:26 WIB

SonoraBangka.id - Kita sebagai orangtua mungkin pernah mengalami masa-masa saat anak tidak mau mengonsumsi sarapan.

Nafsu makan anak memang lebih rendah di pagi hari. Meski demikian, anak tidak boleh dibiarkan tidak mengonsumsi makanan di pagi hari.

Sebabnya, sarapan pagi dapat mencukupi asupan gizi dan energi agar si kecil mampu berkonsentrasi, berpikir, serta bertenaga menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pakar kesehatan masyarakat dari Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School, dr J Michael Murphy, anak yang rutin sarapan pagi akan lebih berkonsentrasi saat belajar, mendapat nilai yang lebih baik, serta mampu mengontrol emosinya. 

Nah, untuk menyiasati agar Si Kecil mau dan terbiasa sarapan pagi. Sahabat Nova bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Ciptakan rutinitas di pagi hari

Tahukah Sahabat Nova, jika tak semua anak merasa lapar saat ia bangun tidur. Oleh karena itu, terkadang ia menolak sarapan pagi.

Cara menyiasatinya adalah dengan mengusahakan sarapan menjadi rutinitas keluarga. Selalu siapkan makanan untuk sarapan dan duduk sekeluarga di meja makan untuk mengonsumsinya setiap pagi. Ciptakan suasana nyaman saat sarapan.

Sambil menunggu makanan siap, Sahabat Nova juga dapat mengajaknya melakukan aktivitas pagi bersama selama 10 hingga 20 menit sebagai penyemangat. Misalnya, membereskan kamar atau berolahraga ringan bersama.

2. Tawari menu sarapan kesukaannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm