Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditemui di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta, Senin (22/8/2022).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditemui di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta, Senin (22/8/2022). ( KOMPAS.com)

Menhub: Kalau Mau Tiket Murah, Naik Pesawat di Hari Kerja dan Siang Hari

22 Agustus 2022 17:19 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya mendukung inovasi yang akan dilakukan Lion Air Group bersama BNI untuk memberikan harga tiket pesawat yang terjangkau, khususnya di hari-hari kerja (weekdays) pada siang hari.

Budi mengatakan, kebiasaan masyarakat menggunakan pesawat di hari libur pada pagi dan sore hari harus diubah.

"Hal ini juga akan mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya menggunakan pesawat di pagi atau sore hari dan di hari libur. Jadi kalau mau tiket yang tidak mahal, naiknya bisa di hari kerja dan siang hari," kata Menhub Budi ditemui di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta, Senin (22/8/2022).

Budi mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, khususnya maskapai, untuk bersama-sama pulih dan bangkit lebih cepat, mesk saat ini dihadapkan pada situasi sulit akibat keterbatasan pesawat maupun awak/kru akibat pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, sektor perhubungan berkontribusi sebesar 21,27 persen pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada kuartal kedua tahun 2022 tumbuh di atas 5 persen.

"Momentum pertumbuhan ini harus dilakukan dengan konsisten agar tidak menurun," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengapresiasi Lion Air Group yang telah melakukan inovasi dan melaksanakan pelayanan penerbangan dengan baik, dalam upaya mempercepat pemulihan industri penerbangan nasional.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan tiga jurus untuk stabilkan harga tiket pesawat yang sudah beberapa bulan ini mengalami kenaikan. Sebab kenaikan tiket pesawat ini menjadi salah satu penyebab inflasi.

Menhub Budi mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, operator penerbangan, dan pihak terkait lainnya.

Dia pun merincikan tiga jurus yang secara konsisten dilakukan Kemenhub untuk menurunkan harga tiket pesawat:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm