Ilustrasi sup bakso ikan
Ilustrasi sup bakso ikan ( Dok. Shutterstock/Thanaseth Raksuthakarn)

Segar Dan Gurih, Berikut Cara Membuat Kuah Bakso Ikan Dan Udang

22 Agustus 2022 21:22 WIB

SonoraBangka.id - Bakso ikan merupakan salah satu varian bakso yang terbuat dari udang, ikan kerapu, tenggiri, kakap, dan layur. Seperti bakso pada umumnya, tentu disajikan bersama kuah kaldu bening. Membuat kuah kaldu bening cukup mudah dengan bahan terdiri dari tulang ayam, jahe, bawang bombai, wortel, seledri, daun bawang, garam, merica, dan minyak wijen. Biasanya kuah kaldu bakso ikan diberi angciu atau arak masak yaitu fermentasi beras ketan dan ragi, kemudian airnya yang digunakan sebagai penyedap masakan. Sayangnya, angciu tidak halal dari proses pembuatannya, dikutip dari Kompas Food. Kamu bisa mengganti dengan campuran kecap asin, jeruk nipis, atau lemon, dan jahe. Simak resep kuah bakso ikan dan udang, dikutip dari buku "RUPA-RUPA BAKSO DAN PELENGKAPNYA" (2014) karya Redaksi Saji terbitan PT Media Boga Utama.

Resep kuah bakso ikan dan udang

Bahan: 

3 liter air

1 kg tulang ayam

2 cm jahe, dimemarkan

200 gram bawang bombai, dipotong-potong

100 gram wortel, dipotong-potong

3 tangkai daun seledri, ikat

2 batang daun bawang, ikat 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm