Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas)

Yuk Kenali Istilah dalam Pemilu, Tahu Apa Itu Incumbent atau Petahana?

23 Agustus 2022 10:31 WIB

SonoraBangka.id - Dalam sebuah negara demokrasi, pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat

Ya, walaupun masih dua tahun lagi, semarak pemilu 2024 sudah mulai terasa sejak sekarang.

Bicara soal hal ini, ada banyak istilah dalam pemilu atau pilkada yang kerap kita dengar.

Salah satu istilah dalam pemilu yang sering muncul yaitu incumbent atau petahana.

Kedua istilah itu diketahui mulai marak digunakan setelah Indonesia melakukan pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden secara langsung selepas berakhirnya masa Orde Baru tahun 1999.

Sebenarnya apa itu incumbent atau petahana?

Incumbent merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, incumbent mempunyai padanan kata yakni petahana.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia daring, arti petahana adalah pemegang suatu jabatan politik tertentu (yang sedang atau masih menjabat).

Sedangkan berdasarkan penjelasan di situs rumahpemilu, istilah incumbent seringkali salah dimaknai sebagai kepala daerah atau presiden yang mencalonkan di pemilu.

Padahal tanpa mencalonkan pun, presiden, kepala daerah, dewan, adalah incumbent/petahana.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm