lustrasi cara panggang daging domba empuk dan juicy
lustrasi cara panggang daging domba empuk dan juicy ( PIXABAY/SVEN HILKER)

Awet Sepanjang Waktu, Berikut 4 Cara Panggang Daging Domba Yang Empuk

25 Agustus 2022 10:20 WIB

SonoraBangka.id - Daging domba biasanya diolah menjadi steik, sate, rendang, tongseng, atau kebab ala Turki. Daging domba bisa dimasak dengan cara dipanggang, asap, goreng, maupun rebus.  Daging domba supaya empuk dan juicy setelah matang, perlu memperhatikan potongan daging, cara membumbui, dan proses memanggangnya. Daging domba membutuhkan waktu memasak paling tidak selama 30 menit dan mencapai suhu 68 derajat celcius. Simak cara panggang daging domba empuk dan juicy, dikutip dari laman Allrecipes, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memilih potongan daging

Kaki domba merupakan bagian sempurna untuk dipanggang, beli bagian kaki domba tanpa betis. Selain itu bagian tulang rusuk domba juga cocok untuk dipanggang maupun dibuat sop.

2. Cara membumbui daging domba panggang

Daging domba sudah cukup beraroma sehingga tidak membutuhkan banyak bumbu, namun cukup kuat jika ditambah bumbu seperti rosemary, oregano, kulit lemon, ketumbar, jinten, dan bawang putih. Cara membumbui domba bisa dengan memberi sayatan kecil pada daging domba, kemudian memasukkan irisan bawang putih dan rempah-rempah ke dalam celah. Gunakan cara tersebut sehari sebelum memanggang untuk rasa yang lebih meresap.

3. Memanggang dengan suhu dan waktu tepat

Sebelum memanggang daging domba keluarkan dari pendingin es dan biarkan mencapai suhu ruang minimal 30 menit.  Pada bagian daging tanpa lemak masak selama 15 menit pertama dengan suhu 230 derajat celcius, kemudian turunkan 175 derajat celcius, lanjutkan memanggang.  Daging akan memakan waktu sekitar 25 menit per gram mencapai medium rare. Panggang potongan daging domba yang berlemak lebih lama, mencapai suhu 160 derajat celcius untuk jangka waktu lama.  Biarkan lemak meleleh perlahan dan daging terlumuri jusnya sendiri. Metode ini memakan waktu memanggang sekitar 30 menit per gram mencapai medium rare. Daging domba harus dimasak paling tidak 68 derajat celcius.

4. Istirahatkan daging domba panggang 

Diamkan daging domba selama 15 hingga 20 menit, saat daging beristirahat suhu internal akan meningkat beberapa derajat, serat otot akan mengendur, dan jus muncul ke permukaan. Sepotong daging yang dibiarkan terlebih dahulu akan menjadi empuk dan juicy, mempertahankan sarinya lebih baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Panggang Daging Domba Empuk dan Juicy Awet Sepanjang Waktu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/24/220900875/4-cara-panggang-daging-domba-empuk-dan-juicy-awet-sepanjang-waktu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm