Ilustrasi kamar mandi di dalam kamar tidur. (SHUTTERSTOCK/ON_DEMAND_PHOTO_UK)
Ilustrasi kamar mandi di dalam kamar tidur. (SHUTTERSTOCK/ON_DEMAND_PHOTO_UK) ( KOMPAS.COM)

Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur, Baik atau Buruk Berdasarkan Feng Shui?

25 Agustus 2022 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagian besar kamar tidur utama memiliki kamar mandi di dalamnya. Hal ini telah menjadi fitur kontruksi rumah baru sejak pertengahan abad ke-20.

Tapi, menurut feng shui—ilmu seni kuno Tiongkok untuk menciptakan lingkungan harmonis—tata letak ini menimbulkan masalah, kecuali jika dirancang cermat. 

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (24/8/2022), feng shui berusaha mengoptimalkan aliran chi, energi kehidupan yang vital, di seluruh rumah.

Menempatkan kamar mandi di kamar tidur dapat mengganggu aliran chi atau mengarahkannya dengan cara tidak harmonis. 

Mengapa menjadi masalah?

Kamar tidur dengan penataan ini menarik bagi pemilik rumah yang ingin membuat tempat peristirahatan pribadi jauh dari hiruk-pikuk dan kebisingan. 

Tapi, menempatkan dua aktivitas yang tidak sesuai seperti istirahat dan peremajaan di ruang yang sama mengarah pada tantangan praktis serta energik. 

Ketika kamar tidur dan kamar mandi ada dala satu ruangan sama, pencahayaan yang terang dan suara air yang mengalir dari kamar mandi dapat mengganggu tidur.

Selain itu, menurut feng shui, pipa menyalurkan chi yang kuat, sedangkan energi air kamar mandi mengarah ke perasaan yang tidak berdasar.

Karena seseorang menghabiskan sepertiga dari hidupnya di kamar tidur, akumulasi stres dari kondisi buruk ini dapat menguras tenaga, terutama bagi orang yang sensitif.    

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm