Kerak pelek karena penggunaan cairan anti bocor(Dicky Aditya Wijaya)
Kerak pelek karena penggunaan cairan anti bocor(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Benarkah Pakai Cairan Anti-bocor pada Ban Bikin Pelek Rusak?

28 Agustus 2022 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggunaan tire sealant dipercaya menjadi salah satu cara menangkal ban tubeless mengalami kebocoran di tengah jalan.

Cara menggunakannya dengan memasukan ke dalam lubang pengisian udara. Ketika ban mengalami kebocoran, cairan akan bereaksi menutup celah kebocoran. 

Namun demikian, penggunaan cairan anti-bocor diklaim memiliki banyak masalah, salah satunya membuat kotor bagian dalam ban.

Hal ini pun dijelaskan Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho yang mengatakan, penggunaan produk cairan anti bocor mempunyai sejumlah konsekuensi.

"Pasta yang dimasukkan ke dalam ban akan membuat pelek bagian dalam kotor. Karena sifatnya cairan, meski bereaksi dengan udara tetap saja tidak akan rapi," ucap Aan, kepada Kompas.com, Minggu (28/8/2022). 

Aan menjelaskan, cairan anti bocor yang mengendap terlalu lama juga akan menyebabkan kerak. Bukan berarti merusak tetapi cukup sulit dihilangkan. 

"Bisa dibilang dua kali kerja kalau mau bersih. Untuk menghilangkan pakai amplas atau kikir perlahan. Ribet, bahkan kalau tahunan tidak dibersihkan bisa butuh waktu beberapa jam," katanya. 

Ketika ditanya apakah ada konsekuensi menyebabkan pelek berkarat, Aan menjawab, tergantung jangka waktu kandungan senyawa bahan kimia bereaksi terhadap pelek.

Karena itu, kalau menggunakan cairan anti-bocor langkah antisipasi baiknya dilakukan pergantian cairan berkala. 

"Untuk pencegahan korosi pada pelek, sebaiknya bisa diganti tiap 6-12 bulan," kata dia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm