Cek kondisi shockbreaker belakang motor (Kompas.com)
Cek kondisi shockbreaker belakang motor (Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Cara Mudah Untuk Ketahui Shockbreaker Motor Bermasalah

3 September 2022 17:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Shockbreaker sepeda motor bertugas meredam goncangan dan getaran berlebihan. Walau masuk kategori slow moving, kerusakan komponen ini bisa berbuntut panjang, tulang ekor pengendara dan penumpang bisa mengalami fraktur. 

Karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi shockbreaker. Meski tidak ada standar perhitungan jadwal pergantian, patokannya sesuai kondisi penggunaan dan medan jalan yang dilalui. 

Tapi, pemilik sepeda motor bisa menganalisa kerusakan sebelum waktunya. Shockbreaker yang hampir mati, bantingan sepeda motor jadi aneh. Kemudian, jika dilanjutkan cek fisik maka ayunan suspensi melambat. 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, umumnya pemilik motor bisa cek kondisi shockbreaker bila masuk usia pakai dua tahun lebih. 

"Bila usia sepeda motor sudah lebih dari dua tahun, cek kondisi fisik dilakukan untuk mengetahui semua kondisi fisik shockbreaker. Meski belum tentu rusak, minimal bisa di deteksi dahulu," ucap Nurhadi dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Nurhadi menjelaskan, shockbreaker belakang biasanya lebih cepat rusak. Bobot pengendara dan beban muatan motor keseluruhan bertumpu di suspensi. Muatan yang over kapasitas bisa saja menyebabkan shockbreaker amblas. 

Pemilik sepeda motor bisa cek sendiri kondisi shockbreaker. Yang harus dilakukan dengan cara melihat kondisi fisik shockbreaker belakang apakah sudah ada rembesan oli. 

"Cukup lihat fisik shockbreaker, kalau sudah ada oli rembes sedikit saja berarti sudah waktunya ganti," katanya. 

Kalau belum yakin, bisa dilanjutkan cek fungsi dan kinerja shockbreaker. Baiknya dengan berboncengan atau membawa beban muatan berat. Umumnya, bila melewati polisi tidur shockbreaker yang mati terasa 'ngayun' dan goncangan yang terjadi lebih banyak. 

"Saat membawa muatan berat shockbreaker yang mati bantingan suspensi jadi terasa mental. Jadi goncangan yang dihasilkan lebih banyak," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Gampang Ketahui Shockbreaker Motor Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/03/142100715/cara-gampang-ketahui-shockbreaker-motor-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm