Akademisi atau Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12, Bambang Ari Satria
Akademisi atau Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12, Bambang Ari Satria ( )

Harga BBM Resmi Naik, Akademisi Prediksi Akan Berimbas pada Kenaikan Harga Bahan Pokok

4 September 2022 06:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Akademisi sekaligus Dosen STISIPOL Pahlawan 12, Bambang Ari Satria, menyebutkan kenaikan harga BBM yang diputuskan oleh pemerintah, akan memiliki dampak ikutan, terutama akan diikuti kenaikan harga bahan pokok dan sebagainya.

"Kenaikan ini tentu yang akan dijadikan beban adalah masyarakat. Memang, kenaikan harga BBM bukanlah hal baru yang terjadi dan beberapa pemerintahan pernah menaikkan harga BBM,"ujar Bambang, Sabtu (3/9/2022).

Dia mengungkapkan yang paling terasa dengan kenaikan harga BBM ini adalah dari sektor transportasi, diikuti sektor-sektor lainnya, seperti pola konsumsi rumah tangga.

Maka peran dari pemerintah dalam menanggapi menaiknya harga BBM ini, yaitu mengintervensi harga barang dan jasa di pasaran agar kenaikannya tidak terlalu signifikan.

"Efek domino kenaikan harga BBM, sesungguhnya bukan hanya berdampak pada kelangsungan usaha atau kondisi perekonomian masyarakat. Tetapi juga memengaruhi kelangsungan hidup masyarakat, terutama keluarga-keluarga miskin yang sehari-hari hidup dalam tekanan kebutuhan hidup yang cenderung naik pasca harga BBM naik," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga BBM Resmi Naik Hari Ini, Akademisi Prediksi Bakal Berimbas pada Kenaikan Harga Bahan Pokok, https://bangka.tribunnews.com/2022/09/03/harga-bbm-resmi-naik-hari-ini-akademisi-prediksi-bakal-berimbas-pada-kenaikan-harga-bahan-pokok.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm