Ilustrasi tambah air aki(Suparna)
Ilustrasi tambah air aki(Suparna) ( KOMPAS.COM)

Tambah Air Aki, Baiknya Menggunakan Botol Merah atau Biru?

4 September 2022 18:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Tipe air aki yang beredar di pasaran dikemas dengan dua warna, yakni biru dan merah.

Pembedaan warna menentukan fungsinya, merah untuk air aki yang mengandung asam sulfat sementara biru adalah air murni.

Sebagaimana diketahui, air aki akan berkurang seiring pemakaian, dan perlu ditambah supaya tidak kekeringan.

Nah, untuk menambah air aki ini sebaiknya menggunakan air yang merah atau biru, melihat keduanya ternyata memiliki kandungan yang berbeda.

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, mengatakan penambahan air aki harus menggunakan air murni atau air aki yang dikemas dengan warna biru.

“Untuk penambahan air aki pakai air murni tanpa kandungan mineral, yang kemasan warna biru, sementara kalau merah penggunaannya pada saat mengisi pertama kali, jadi aki kosong yang mau dipakai diisi dulu dengan air aki yang mengandung asam sulfat,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Suprawitno mengatakan, penambahan air aki sebaiknya tidak menggunakan yang berkemasan merah, karena selain tidak perlu hal itu justru dapat merusak aki.

“Kalau ditambah dengan air aki zuur, lama kelamaan berat jenisnya akan naik di atas standar 1.25 - 1.28, itu dapat mengakibatkan aki cepat rusak,” ucap Suprawitno.

Jadi, penambahan air aki sebaiknya menggunakan kemasan biru, sedangkan untuk mengisi aki dari kosong menggunakan kemasan merah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tambah Air Aki, Baiknya Pakai Botol Merah atau Biru?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/04/151200815/tambah-air-aki-baiknya-pakai-botol-merah-atau-biru-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm