Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). Stok Pertalite sempat kosong di SPBU, Pertamina sebut ada keterlambatan pengiriman. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO)
Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). Stok Pertalite sempat kosong di SPBU, Pertamina sebut ada keterlambatan pengiriman. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Jenis Nilai Oktan Bensin yang Dijual di Indonesia

5 September 2022 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bahan bakar minyak (BBM) yang dijual di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis dengan nilai oktan yang berbeda-beda.

Perlu diketahui, setiap jenis nilai oktan menentukan kualitas dar spesifikasi dalam mendukung proses pembakaran. 

Nilai oktan atau Research Octane Number (RON) merujuk pada seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Kompresi udara dan bahan bakar akan ditekan piston dengan volume sangat kecil. Setelah itu baru kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan dari busi. 

Melalui cara kerja tersebut, maka pemilihan jenis bahan bakar juga harus menyesuaikan dengan rasio kompresi kendaraan.

Dengan bensin yang sesuai, maka pembakaran yang terjadi di ruang mesin akan lebih sempurna, tentunya bisa berpengaruh terhadap keawetan komponen.

Sebaliknya, kalau bahan bakar yang digunakan tidak sesuai baik itu lebih tinggi nilai oktannya atau lebih rendah, tentunya akan berdampak pada mesin.

Untuk mengetahui RON bensin yang dijual di Indonesia berikut rinciannya :

Pertamina

Pertalite RON 90

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm