Charles III
Charles III ( HAI-Online.com )

Pangeran Charles Jadi Raja Baru Inggris

12 September 2022 13:39 WIB

SonoraBangka.IDCharles III otomatis menjadi raja beberapa saat setelah ibunya, Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022. 

Tiupan terompet para pengawal kerajaan Inggris dan tembakan salvo, Sabtu (10/9/2022) kemarin di London rupanya menandai pengumuman resmi oleh Dewan Pengakuan di Istana St James bahwa Charles III adalah Raja Inggris yang baru.   

Mengikuti prinsip ”Rex Nunquam Moritur” atau raja tidak pernah mati, maka anak sulung Charles, William, juga otomatis menjadi Putra Mahkota. Anak-anak William itu menempati urutan kedua hingga kelima daftar ahli waris takhta. Adik William, Harry, dan dua anak Harry berada di urutan selanjutnya.
  
Meski Charles III otomatis menjadi raja terbaru, masih belum jelas kapan ia akan dimahkotai. Namun, seiring pengumuman itu, rakyat Inggris Raya mengalami hal-hal baru karena banyak hal yang bakal berubah, termasuk lagu kebangsaan mereka.
 
Pada hari pengumuman raja baru, Inggris kembali mengumandangkan ”God Save The King” sebagai lagu kebangsaan mereka.
 
Nggak cuma lagu, berbagai dokumen resmi negara juga harus diubah karena yang lama mencantumkan ”Her Majesty”. Ke depan, dokumen-dokumen resmi tersebut bakal harus mencantumkan ”His Majesty”. Ini karena dokumen-dokumen diterbitkan atas nama Raja Charles III.
 
Perubahan lain akan dilakukan pada prangko resmi kerajaan. Selama 70 tahun terakhir, wajah Ratu Elizabeth II tercantum di prangko resmi.
 
Inggris juga perlu mengubah 29 miliar koin dan 4,7 miliar lembar uang kertas. Sebab, seperti prangko, seluruh uang itu masih bergambar Ratu Elizabeth II. Di Inggris, mata uang bergambar raja atau ratu yang sedang berkuasa.
 
"Tidak ada pengumuman (soal pengubahan uang) sampai periode berduka selesai,” kata Gubernur Bank of England Andrew Bailey.
 
Salah satu perbincangan soal pengubahan uang adalah wajah Charles III akan tampak dari kanan atau kiri. Saat ini, di seluruh uang kertas dan koin Inggris, Ratu Elizabeth II menghadap ke kanan. 
 
Biasanya, raja atau ratu baru akan menghadap ke arah kebalikan dari ratu atau raja lama. Karena itu, diduga wajah Charles III di uang baru akan menghadap ke kiri.
 
Sementara itu, Raja Charles III telah menyetujui serangkaian perintah, termasuk menyatakan hari pemakaman Ratu Elizabeth II sebagai hari libur nasional. Tanggal pemakaman kenegaraan belum diumumkan, tetapi diperkirakan pada 19 September.
 
Jenazah Ratu Elizabeth II akan tetap berada di Puri Balmoral sebelum dibawa ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh, Minggu (11/9/2022). Setelah itu, pada Selasa (13/9/2022), jenazah akan diterbangkan ke London.
 
Charles sudah dipersiapkan menjadi ahli waris takhta Inggris sejak 6 Februari 1952. Selama 70 tahun terakhir, ia mengikuti dan terlibat dalam berbagai kegiatan Ratu Elizabeth II untuk mengenal rakyat dan aturan-aturannya. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm