( )

WHO Mengabarkan Pandemi Covid 19 Akan Segera Berakhir

15 September 2022 13:12 WIB

SonoraBangka.Id - Pada saat jumlah kematian mingguan yang dilaporkan akibat COVID-19 turun ke level terendah sejak Maret 2020, kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Rabu bahwa akhir pandemi sekarang sudah di depan mata.

“Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi,” papar Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Meski demikian, melansir laman resmi WHO, Tedros mengingatkan bahwa dunia belum ada di akhir pandemi.

“Seorang pelari maraton tidak berhenti ketika garis finis sudah terlihat. Dia berlari lebih keras, dengan semua energi yang tersisa. Jadi kita juga harus begitu. Kita bisa melihat garis finish. Kita dalam posisi menang. Tapi sekarang adalah waktu terburuk untuk berhenti berlari,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa jika dunia tidak mengambil kesempatan sekarang, masih ada risiko lebih banyak varian, kematian, gangguan, dan ketidakpastian.

“Jadi, mari kita ambil kesempatan ini”, desaknya.

Tedros juga mengumumkan bahwa WHO merilis enam ringkasan kebijakan singkat yang menguraikan tindakan utama yang harus diambil semua pemerintah saat ini untuk menyelesaikan perlombaan.

Ringkasan kebijakan adalah ringkasan, berdasarkan bukti dan pengalaman selama 32 bulan terakhir, menguraikan apa yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa, melindungi sistem kesehatan, dan menghindari gangguan sosial dan ekonomi.

“[Mereka] adalah seruan mendesak bagi pemerintah untuk mencermati kebijakan mereka dan memperkuatnya untuk COVID-19 dan patogen masa depan dengan potensi pandemi,” urai Tedros.

Selain itu, WHO juga mendesak pihak berwenang untuk memiliki rencana dalam mengatasi lonjakan kasus COVID-19 di masa depan, termasuk pengamanan pasokan, peralatan, dan pekerja kesehatan tambahan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm