Kode informasi ban, menampilkan data produksi dan spesifikasi ban(Dicky Aditya Wijaya)
Kode informasi ban, menampilkan data produksi dan spesifikasi ban(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Begini Cara Baca Informasi Ban Melalui Kode Huruf dan Angka

23 September 2022 20:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Ban kendaraan mempunyai fungsi yang tak bisa dianggap remeh sehingga kondisinya wajib diperhatikan.

Selain perawatan seperti menambah tekanan udara dan lain sebagainya, tak kalah penting adalah melihat usia atau umur pakainya.

Ban yang kedaluwarsa selain berbahaya jika digunakan, juga banyak kerugiannya. Seperti gampang bocor hingga benjol. 

Walau tak digunakan, umur ban akan terus bertambah. Semakin lama otomatis akan mempengaruhi performanya.

Usia ban yang layak digunakan bisa diperhatikan dari kondisi fisik atau kode informasi berupa huruf dan angka yang tertulis pada bagian dinding ban.

Lantas bagaimana cara bacanya?

Informasi bisa dilihat  dengan melihat huruf dan angka yang ada pada dinding ban.  Mulai spesifikasi, baik itu ukuran dan jenis penggunaan, tahun produksi, dan masa kedaluwarsa ban. 

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal mengatakan, ban kadaluarsa patokannya bisa dilihat dari tahun produksi dan kondisi fisik ban keseluruhan.

"Kalau alur permukaan ban sudah mendekati thread wear indicator (TWI), artinya sudah waktunya ganti," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022). 

Kemudian, dilanjutkan dengan cek usia ban berdasarkan kode tahun produksi yang tertulis pada dinding ban. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm