Komponen transmisi matik(Aditya Maulana, KompasOtomotif)
Komponen transmisi matik(Aditya Maulana, KompasOtomotif) ( KOMPAS.COM)

Kenali Gejala Dari Transmisi Mobil Matik Mulai Bermasalah

26 September 2022 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil matik penting untuk dilakukan perawatan pada bagian transmisinya. Bila abai dalam perawatannya, maka besar kemungkinan transmisi tersebut akan bermasalah.

Saat transmisi matik mulai bermasalah, biasanya akan mengeluarkan gejala-gejala yang mudah untuk dikenali. Tentunya, gejala tersebut berkaitan dengan performa mobil.

Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, yang pertama paling dapat dirasakan adalah saat mobil berakselerasi.

"Paling terasa yang pertama itu adalah akselerasi yang lambat. Jadi, tuas persneling sudah dipindahkan, tapi saat digas, mobil tidak responsif," ujar Bambang, kepada wartawan, saat ditemui di Sunter, beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, transmisi terasa seperti selip. Kondisi tersebut bisa terjadi saat mobil hendak maju, saat mundur, atau salah satunya.

"Kedua, ketika dia sudah diinjak penuh gasnya, tapi kecepatannya tidak maksimal. Kondisi itu juga jadi indikasi ada kerusakan pada bagian transmisi yang bisa dirasakan oleh pengemudi," kata Bambang.

Bambang menambahkan, untuk urusan perawatan transmisi matik, paling gampang adalah dengan rajin melakukan pergantian oli atau pelumas. Jangan sampai telat dalam melakukan pergantian oli supaya performanya tetap terjaga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Gejala Transmisi Mobil Matik Mulai Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/26/102200115/kenali-gejala-transmisi-mobil-matik-mulai-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm