Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023(Dok. Crash.net)
Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023(Dok. Crash.net) ( KOMPAS.COM)

MotoGP Resmi Dilaksanakan di Kazakhstan Mulai 2023

27 September 2022 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Balapan Mulai musim 2023, MotoGP mendapat satu tuan rumah yang baru, yakni Kazakhstan. Balapan akan digelar di Sokol International Racetrack.

"Region tersebut akan menjadi pitstop terbaru untuk MotoGP sebagaimana olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, terlibat dengan pasar dan penggemar baru," tulis pernyataan resmi Dorna Sports, dikutip dari Crash.net, Selasa (27/9/2022).

"Kazakhstan juga akan menjadi negara ke-30 yang menjadi tuan rumah Grand Prix sejak 1949, lokasi yang sempurna untuk merayakan sejarah yang terus berkembang dari Kejuaraan Dunia motorsport pertama di dunia, dan Sokol International Racetrack akan menjadi tempat ke-74 untuk menjadi tuan rumah kelas utama," lanjut pernyataan Dorna.

Belum ada tanggal pasti kapan MotoGP Kazakhstan akan digelar. Kalender sementara MotoGP 2023 juga belum diumumkan. Namun, kabarnya akan digelar pada pertengahan musim.

Dijadikannya Kazakhstan sebagai tuan rumah MotoGP mengikuti kesepakatan Dorna Sports dengan negara lainnya, yakni India dan Arab Saudi.

Musim ini, balapan digelar sebanyak 20 seri. Sedangkan musim depan, rencananya akan menjadi 21 seri.

Tapi, Dorna Sports dengan para tim balap sudah memiliki kontrak kerjasama untuk menjalani balap maksimum 22 seri.

Sekarang, masalah lainnya adalah penentuan kalender atau jadwal. Sebab, masing-masing pihak penyelenggara tidak mau jadwal MotoGP dan Formula 1 (F1) mengalami bentrok.

Musim depan, F1 juga akan memecahkan rekor dengan jumlah seri terbanyak sepanjang sejarah, yakni 24 seri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MotoGP Resmi Digelar di Kazakhstan Mulai 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/27/183106415/motogp-resmi-digelar-di-kazakhstan-mulai-2023.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm