Ilustrasi ikan koi, kolam ikan koi. (PIXABAY/LSHHWEBB)
Ilustrasi ikan koi, kolam ikan koi. (PIXABAY/LSHHWEBB) ( KOMPAS.COM)

Mengapa Gambar Ikan Koi Banyak Dipakai dalam Feng Shui?

1 Oktober 2022 16:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Simbol ikan koi lazim dijumpai dalam budaya Tionghoa dan feng shui. Ikan koi digambarkan dalam karya seni, pakaian, tato, bahkan dipelihara sebagai ikan hias di kolam ikan.

Nah, mengapa gambar ikan koi banyak digunakan dalam feng shui? Apa sebenarnya makna ikan koi?

Dikutip dari Love to Know, Sabtu (1/10/2022), koi adalah kata dalan bahasa Jepang untuk ikan mas, jenis ikan air tawar berwarna cerah yang biasa digunakan dalam lanskap dan desain Asia, termasuk feng shui. Ikan koi hadir dalam berbagai warna dan memiliki makna simbolis dalam feng shui.

Makna ikan koi

Banyak atribut ikan koi melambangkan beberapa pelajaran dan bahkan cobaan yang sering dihadapi individu dalam hidup. Ikan koi mempunyai daya hidup yang kuat dan energik.

Ini ditunjukkan dengan kemampuannya untuk berenang melawan arus dan bahkan melakukan perjalanan ke hulu.

Beberapa makna dan ciri spiritual ikan koi antara lain nasib baik, kesuksesan, kemakmuran, umur panjang, keberanian, ambisi, dan ketekunan.

Dalam feng shui, ikan koi diikat dengan simbol Yin dan Yang. Faktanya, tetesan air mata hitam dan putih dari simbol Yin dan Yang dikatakan sebagai representasi dari dua koi, satu jantan dan satu betina.

Mata setiap tetesan air mata adalah simbol dari mata koi yang selalu waspada. Pasangan ikan ini sering terlihat di luar konteks simbol Yin dan Yang juga.

Misalnya, sepasang ikan koi sering digunakan sebagai simbol keberuntungan untuk pernikahan yang bahagia.

Ikan koi juga identik dengan harmoni dan kebahagiaan. Dua Yin dan Yang ikan koi saling melengkapi dan menciptakan keseimbangan sempurna dari energi negatif dan positif energi chi, yang merupakan kekuatan kehidupan semua hal di bumi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Gambar Ikan Koi Banyak Digunakan dalam Feng Shui?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/01/121255676/mengapa-gambar-ikan-koi-banyak-digunakan-dalam-feng-shui?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm