Ilustrasi TV di ruang tamu sempit. (SHUTTERSTOCK/SAKARIN SAWASDINAKA)
Ilustrasi TV di ruang tamu sempit. (SHUTTERSTOCK/SAKARIN SAWASDINAKA) ( KOMPAS.COM)

Ide Meletakkan TV di Ruang Keluarga Menurut Feng Shui

2 Oktober 2022 19:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Feng shui merupakan ilmu Tiongkok kuno yang digunakan untuk menata benda, bangunan, dan ruang dalam suatu lingkungan guna mencapai keseimbangan, salah satunya menemukan tempat tepat untuk meletakkan TV di ruang tamu

Menurut logika feng shui, Anda harus berusaha menjaga rumah tetap sederhana dan bebas kekacauan untuk mempromosikan kehidupan yang harmonis. 

Sayangnya, Dana Claudat, ahli feng shui modern, mengatakan, televisi dapat mengacaukan energi serta mengganggu kesehatan dan lingkungan, terutama di tempat berkumpul dan istirahat. 

Walau begitu, keseimbangan tetap dapat dicapai dengan penempatan furnitur yang tepat dan desain yang menekankan aliran baik ke seluruh rumah. Dengan mengikuti prinsip-prinsip feng shui, dapat membuat proses desain menjadi lebih mudah.

Dilansir dari House Digest, Minggu (2/10/2022), berikut ide meletakkan TV di ruang keluarga berdasarkan aturan feng shui.    

Feng shui untuk ruang keluarga

Ruang keluarga biasanya diisi dengan beberapa perabot, tetapi sofa dan TV paling menonjol. Menempatkan televisi di seberang sofa adalah langkah optimal untuk menonton dan menggabungkan keseimbangan.

Ukuran suatu barang juga mempengaruhi energi suatu ruangan sehingga TV perlu proporsional dengan ruang dan furnitur lainnya.

Aturan penting lainnya adalah tidak meletakkan sesuatu, termasuk TV di dekat jendela. Dalam feng shui, ini menciptakan kerentanan dan menghambat aliran getaran positif. Jadi, pastikan menemukan cara menjaga TV  tetap rapi dan tidak terlihat.    

Tempat yang harus dihindari untuk meletakkan TV

Prinsip feng shui tradisional sama sekali tidak menganjurkan TV diletakkan di kamar tidur. Tapi, nyatanya 64 persen rumah tangga memiliki satu TV di kamar tidur mereka.

TV digunakan sebagai hiburan dan cenderung mengambil fokus Anda dari pertukaran energi lain yang lebih positif seperti tidur serta interaksi dengan keluarga dan teman. 

Untungnya, ada cara mengubah efek TV di ruangan mana pun dengan mencabutnya dan menutupinya saat tidak digunakan.

Menurut Shore Home Solutions, terlepas dari ruangan, TV harus disembunyikan atau dijauhkan dari pandangan saat tidak digunakan sebagai solusi feng shui yang sempurna, menghilangkan energi negatif, dan membersihkan segala sesuatunya secara estetis sehingga meningkatkan chi atau energi yang baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ide Meletakkan TV di Ruang Keluarga Berdasarkan Feng Shui", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/02/154000676/ide-meletakkan-tv-di-ruang-keluarga-berdasarkan-feng-shui.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm