Kabag Ops Polres Pangkalpinang, AKP Toni Susanto
Kabag Ops Polres Pangkalpinang, AKP Toni Susanto ( )

Pakai Ponsel Ketika Berkendara dan Pengendara di Bawah Umur Jadi Prioritas Sasaran Operasi Zebra Menumbing

3 Oktober 2022 15:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini Satlantas Polres Pangkalpinang kembali  menggelar Operasi Zebra Menumbing 2022.

Diketahui, Operasi Zebra Menumbing yang juga digelar serentak oleh jajaran Polda Bangka Belitung, diselenggarakan selama 14 hari,  sejak Senin (3/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Kabag Ops Polres Pangkalpinang, AKP Toni Susanto, menyebutkan, terdapat tujuh pelanggaran yang menjadi prioritas selama Operasi Zebra Menumbing 2022.

"Paling pertama itu menggunakan ponsel saat berkendara, anak di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tak menggunakan helm atau safety belt, pengaruh alkohol, melawan arus, dan pengendara yant melebihi batas kecepatan,"kata Toni, Senin (3/10/2022).

Dengan adanya Operasi Zebra Menumbing, katanya, masyarakat dapat lebih memperhatikan kelengkapan dan keselamatan saat berkendara.

Dia menyebutkan jumlah pelanggaran hingga triwulan ketiga pada 2022 menyentuh total 8.554 pelanggaran, yang terbagi 5.967 tilang dan 2.587 teguran.

Jumlah itu diketahui meningkat drastis dibandingkan pada 2021 di periode yang sama, dengan 4.464 pelanggaran, yang terbagi 3.582 tilang dan 882 teguran.

Selain itu, untuk kecelakaan lalu lintas juga mengalami peningkatan, yakni di 2022 terdapat 60 jumlah kecelakaan dengan 17 orang meninggal dunia.

Sedangkan pada 2021 lalu, terdapat 22 kecelakaan lalu lintas, dengan korban meninggal dunia sebanyak 13 orang, satu luka berat dan 14 luka ringan.

"Dengan peningkatan kesadaran berlalu lintas yang baik, melalui upaya penegakan hukum mengarah untuk meminimalisir laka lantas. Jadi, sasaran operasi segala sesuatu yang berpotensi dapat menyebabkan adanya kecelakaan lalu lintas,"ucapnya.

Sementara itu, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar dapat terus mematuhi dan mengutamakan peraturan lalu lintas saat berkendara.

"Untuk masyarakat yang akan berkendara karena sudah masuk operasi, tetap patuhi aturan lalu lintas dan jaga prokes. Sayangi keluarga yang menunggu di rumah, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Operasi Zebra Menumbing, Pakai Ponsel saat Berkendara dan Pengendara di Bawah Umur Prioritas Sasaran, https://bangka.tribunnews.com/2022/10/03/operasi-zebra-menumbing-pakai-ponsel-saat-berkendara-dan-pengendara-di-bawah-umur-prioritas-sasaran.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm