ilustrasi lemper isi ayam, jajan pasar asin
ilustrasi lemper isi ayam, jajan pasar asin ( DOK.SHUTTERSTOCK/RATNA WULAN SARI)

Harum Dengan Daun Kemangi, Berikut Cara Membuat Lemper Ikan Tongkol

6 Oktober 2022 07:10 WIB

SonoraBangka.id - Ada cara membuat lemper ikan tongkol yang mudah dengan bahan sederhana. Jajanan pasar dengan cita rasa asin ini juga punya aroma harum dari penggunaan daun kemangi iris.  Sebelumnya, kamu perlu menyiapkan ikan tongkol kemudian kukus dan suwir dagingnya. Siapkan sebagai isian lemper yang dicampurkan dengan bahan lainnya.  Pada resep lemper ikan tongkol ini, lemper diolah dengan cara dibakar di atas bara api yang menambah lezat aromanya.  Dilansir dari buku "1500 Resep Makanan Sehat Segala Usia" (2013) oleh Hindah Muaris terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, bikin untuk bekal camilan ke kantor. 

Resep lemper ikan tongkol 

Bahan 

500 gram beras ketan putih, rendam selama 6 jam, tiriskan 

450 ml santan kental 

1 lembar daun pandan 

250 gram ikan tongkol, bersihkan, kukus, dan suwir dagingnya

15 pucuk daun kemangi, iris halus

1 sdm cacahan daun kucai

1 batang serai, memarkan

  1 ruas jari jahe, haluskan 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm