Ilustrasi terobos genangan air.(KOMPAS.COM/HADI MAULANA)
Ilustrasi terobos genangan air.(KOMPAS.COM/HADI MAULANA) ( KOMPAS.COM)

Musim Hujan Datang, Perhatikan Batas Aman Mobil Menerobos Banjir

7 Oktober 2022 18:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Terjadinya Banjir menjadi pemandangan yang lumrah ketika musim hujan datang. Hal itu membuat was-was pengguna jalan, khususnya pengendara mobil.

Sebab, tidak seharusnya mobil menerjang banjir, hal itu bisa membuat mobil mengalami kerusakan baik itu pada sektor mesin maupun interior mobil.

Banyaknya titik yang rawan terendam banjir memaksa pengendara mobil harus jeli memilih rute. Bahkan, walau sudah memilih kadang tetap saja banjir di jalan tidak bisa dihindari. Maka dari itu sebaiknya pengendara mengetahui batas aman menerjang banjir.

Mekanik Kia Depok Fendi Pamungkas mengatakan, ada batas aman untuk mobil menerjang banjir, walau akan lebih aman bila tidak menerjang banjir.

“Jika terpaksa menerjang banjir, perhatikan kedalam banjir ketika mobil di depannya melintas. Jika kedalamannya sudah setengah roda atau lebih itu sangat berisiko, kalau masih di bawah setengah roda peluang aman masih cukup tinggi,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Fendi mengatakan, batas di bawah setengah roda diharapkan air belum sampai masuk ke dalam kabin, sehingga kerusakan komponen elektrik tidak terjadi.

“Harapannya bila kedalaman banjir itu masih di bawah setengah roda, air tidak masuk ke dalam kabin, jika air masuk maka karpet dan beberapa komponen elektrik seperti modul airbag, kabel-kabel, sound system jika ada akan basah,” ucap Fendi.

Dia mengatakan setiap komponen elektrikal yang terkena air akan cenderung mengalami kerusakan, padahal komponen-komponen tersebut harganya tidak murah.

“Komponen elektrik yang basah cenderung akan mengalami kerusakan, jadi pengendara sebaiknya benar-benar memperhatikan batas kedalaman banjir sebelum melewatinya,” ucap Fendi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Foreman Aha Motor Spesialis NIssan & Datsun Aji Dwi Nugroho. Dia mengatakan batas mobil boleh menerjang banjir adalah di bawah setengah roda.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm